Apa sich bedanya????


seringkali kita memvonis jenis dari sepeda motor berdasarkan pergantian persneling (apa ya istilah kerennya???!). Berdasarkan perpindahan gigi maka dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:
1. jenis sport
sepeda motor yang dikategorikan dari jenis ini memiliki perpindahan gigi 1-n-2-3-4-5-dst.

2. jenis bebek
jenis ini memiliki perpindahan gigi n-1-2-3-4-n.

*perpedaan ini setelah saya rangkum dari berbagai forum
Pertanyaannya adalah apa sich sebernya, perbedaan dua jenis perpindahan gigi ini? padaha banyak loh sepeda yg memiliki perpindahan gigi seperti jenis ke-dua dapat mengalahkan sepeda dari jenis kedua.
Contoh kasus adalah NJMX yang dikatakan lebih sporty dari pada MX lawas karna telah menggunakan perpindahan gigi 1-n-2-3-4-5.

Apa sich bedanya?
*sodara-sodara monggo urun rembug!

Iklan

14 Responses to Apa sich bedanya????

  1. Maskur berkata:

    bedanya yaaaaaaaaaaa
    yang 1-2-3-4 maju maju
    yang 1-0-2-3-4 maju mundur

    Suka

  2. bedanya ya idem baelah…

    Suka

  3. az147r berkata:

    cietttt…salam,ninggal jejak dblog sampeyan…brummm…berangkat lg,sibukkk…pusing saya hehe….

    Suka

  4. azizyhoree berkata:

    secara teknis jelas2 sangat2 berbeda system penggerak drum constant mesh transmissi rasio nya untuk type bebek maju terus* lebih teknis dibilang rotary system dimana peruntukannya untuk easy riding bagi pemula, atau wanita atau mobile actifity tinggi, sehingga memudahkan pengoperasian , dengan hanya menginjak satu arah >> maju terus dan bisa kembali ke neutral kecuali motor dalam keadaan berjalan karena fungsi stopper,

    sementara untuk type maju-mundur disebut type sport, ber kopling manual ,karena banyak dipakai motor sport dimana mementingkan kecepatan shifting, dan yang terpenting tidak memungkinkan system semi automatic bebek mengaplikasi shifting 1-n-2-3-4-5 dst monggo dikoreksi lagi kalo ada yang lebih benar šŸ™‚

    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/02/24/cbr-250-fi-confirmed-launching-in-indonesia/#comment-6228

    Suka

    • kang_ulid berkata:

      penjelasan yg mantaffff!
      suwun ilmunya!
      la tapi kalo seperi MX lawas gmn? ato bajaj xcd125? pake kopling manual tapi giginy n-1-2-3-4-n

      Suka

      • azizyhoree berkata:

        untuk kasus ini system rotary N-1-2-3-4 memang bisa dibuat manual cluth tinggal mencopot beberapa spring mematikan fungsi sentrifugal cluth dan mencopot beberapa penonjok yang terhubung dengan shaft tuas persneiling, namun tidak berlaku untuk kebalikan nya *( 1-N-2-3-4-5 dst di buat semi automatic macam bebek, kecuali mau berpikir rumit macam VFR 1200 dual cluth, tentu saja moge ber jejal high technology tak bisa dibanding dengan motor light simple class donk šŸ˜€

        oiya MX 135,, basicnya dari bebek semi automatic jadi sangat mudah melakukan up grade menjadi manual cluth, tentng XCD >> indiha memang memiliki konsumen yg unik, dimana mementingkan kenyamanan, bahkan sekelas R15 saja masih dipasang guard tralis disamping roda belakag mirip sepeda mini :mrgreen: dan keanehan style seperti engine bebek yg rebah an, namun dipasang di motor laki ber body kekar layaknya body thunder 125, masih terjadi disana šŸ˜† * semoga membantu šŸ™‚

        salam kenal mas bro

        Suka

  5. kang_ulid berkata:

    @kang azizy: o gtu to, makana d mx lawas tu, yg manual hampir mrip dg yg otomatis. Kalo yg dblakang namanya saree guard.
    Salam kenal juga kang!

    Suka

  6. gaplek mania berkata:

    sama2 pake gigi.he he he.cuma kalau yg 1-n-2-3-4-5 rasanya lebih cepat ketika pengen turun gigi

    Suka

  7. haryoadi berkata:

    yg pasti kalo N-1-2-3-4 lebih gampang netralin kang.. šŸ˜€
    *untung aja XCD pake N-1-2-3-4, soalnya saya selalu kesusahan masukin netral di model 1-N-2-3-4(-5)(-6)* hehehehe….

    Suka

  8. […] memantapkan hati dan niat untuk membuat blog. Tulisan pertama saya, tertanggal 24/02/2001, mengenai perbedaan cara memindahkan gigi persneling. Tanggapan dari pembaca lumayan lah untuk artikel awal. Hal ini semakin meyakinkan saya untuk terus […]

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: