30 September Penuh Makna: Pengantar…


Hmmm……

Rupanya sekarang telah tiba kepada tanggal 30 September 2011. Tanggal ini mengingatku pada sesuatu yang kelam. Berdarah-darah. Penuh dengan intrik. Tanggal ini, juga mengingatkanku pada perjuanganku untuk menggapai gelar sarjana. Tanggal 30 September penuh makna.

Yup… tanggal 30 Sepetember penuh makna. Jika kita runut dari sejarahnya pasti kita akan menjumpai sebuah peristiwa penting yang sampai sekarang masih kelam. Bukannya tidak ada yang mencoba untuk menyibak, namun karena kabut yang dihadapi terlalu pekat, akhirnya sampai detik ini tidak tersibak secara penuh.

Ada apa dengan tanggal 30 September??

Tanggal 30 September 1965, telag terjadi sebuah gerakan yang kini dikenal dengan GESTAPU, GESTOK, G 30 S. Kang_ulid lebih suka dengan istilah Gerakan 30 September 1965. Oleh pemerintah orde baru, gerakan ini di identikkan dengan PKI. Akhirnya sampai sekarang masih ada PKI-phobia, terutama dikalangan militer. Sebenarnya, ada apa di balik Gerakan 30 September ini??? Siapa saja yang terlibat??? Apakah benar, gerakan ini ada sangkut pautnya  dengan politik luar negeri salah satu negara adi kuasa pada waktu itu??

Hmmm….. butuh penelitian yang lama untuk sampai ke sana. Kang_ulid pernah meneliti peristiwa ini, namun dalam lingkup kecamatan dan membutuhkan waktu yang lama, apalagi lingkup negara. Sementara itu, banyak sejarawan yang telah menuliskan teori-teori terkait peristiwa ini.

Bagi kang_ulid, peristiwa ini tidak begitu menarik, yang menarik adalah pembantaian setelahnya. Banyak versi tentang jumlah warga negara Indonesia yang dibantai, mulai dari angka 78.000 jiwa sampai 2 juta jiwa, dan jika di rata-rata maka muncul angka 500.000 jiwa. Oke, kita pake yang 500.000 jiwa aja (sesuai dengan buku dari Robert cribb loh).

Hmm… semakin menarik bukan?! Oleh karena itu, kang_ulid akan menyajikan dalam beberapa artikel…

Hmmm… cukup sekian pengantarnya… karena kag_ulid masih membongkar buku-buku untuk mencari referensi seakurat mungkin, hehehe

Iklan

4 Responses to 30 September Penuh Makna: Pengantar…

  1. ipanase berkata:

    asekkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    Suka

  2. karis berkata:

    lanjuttt

    Suka

  3. […] Kang_Ulid Blog Sedang Belajar Menulis…! « 30 September Penuh Makna: Pengantar… […]

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: