Kerokan: Antara Mitos dan Medis


Hmm…

Kerokan!!!

Yup kerokan adalah salah satu cara pengobatan tradisional untuk mengatasi masuk angin. Pro dan kontra tentang kerokan terus bergulir. Pihak kontra mengatakan bahwa kerokan tidak bisa mnegobati. Itu hanyalah sugesti. Bahkan, kerokan ini bisa mengakibatkan iritasi. Warna Merah pada kulit, pertanda pembuluh darah halus (kapiler) di bawah permukaan kulit pecah sehingga terlihat sebagai jejak merah di tempat yang dikerok. Badan orang sehat pun akan memerah jika dikerok. Dan di negara-negara barat, tidak mengenal yang namanya kerokan.

Itu kata pihak yang kontra dengan kerokan. Lantas bagaimana tanggapan pihak yang pro terhadap kerokan?

Secara medis, kerokan adalah salah satu metode memperlebar pembuluh darah tepi yang menutup (vasokontiksi) menjadi menjadi semakin melebar (vasaditilasi). Dalam taraf normal, kerokan akan membuat penderita masuk angin merasa nyaman karena telah melepas hormon beta endofin. Dengan cara ini, saraf penerima rangsang di otak akan menyampaikan rangsangan yang menimbulkan efek memperbaiki organ pada titik-titik meridian tubuh. Nah, pada gilirannya, arus darah di tubuh yang lancar akan menyebabkan pertahanan tubuh juga meningkat.

diperankan oleh model. hehehe

Tips untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kerokan sebaiknya tidak acak-acakan. Baiknya jika (dilakukan) seperti motif tulang daun atau ikan karena bentuk serat otot memang demikian. Saat kerokan pun ada faktor penekanan sehingga seperti pemijatan. Hal ini akan memberi efek pemanjangan pada otot-otot yang memendek karena peradangan. Dengan begitu rasa pegal-pegal pun akan hilang.

*Edisi spesial, karena eh karena… kang_ulid baru aja di kerok… keri-keri gimana gitu, heheheh

Sumber:

  1. http://irham.abatasa.com/post/detail/945/plus-minus-kerokan
  2. http://health.kompas.com/read/2011/09/13/15443761/Benarkah.Kerokan.Menyehatkan
Iklan

17 Responses to Kerokan: Antara Mitos dan Medis

  1. B M W ♣ berkata:

    Lincip punggungnya

    Suka

  2. Rendi berkata:

    walah, disinyalir modelnya adalah yg punya warung, wakaka. . .
    Mohon rekom kang ulid, jika jadi ane kira pilih mana?
    rendiiswanto.wordpress.com/2011/10/24/catatan-motor-pilihan-ane-jilid-ii/

    Suka

  3. Rendi berkata:

    wah, ga mau ngeling, copyan via hp repot, klik di nama ane aja deh kang bro. . .

    Suka

  4. karis berkata:

    enak tuh dikerok…apalagi ma cewek wakakakak….

    Suka

  5. at0zz berkata:

    wah kalo saya dulu disuruh ngerokin tak bikin nama cewek yg ditaksir sama orang yg minta kerok,, alhhasil itu orang habis sehrian diledekin mulu…wkwkkwkwk

    http://at0zz.wordpress.com/

    Suka

  6. blognyamitra berkata:

    Satu lagi, habis kerokan jangan langsung mandi…

    Suka

  7. si oom berkata:

    ga suka dikerok, klenyit-klenyit gimana gitu 😦

    Suka

  8. baju wanita berkata:

    terima kasih infonya yaa..bener2 bermanfaat..salam persahabatan

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: