Touring D’wali Songo, Etape 3b : Melancong ke Kota Tua


Hmmm…

Setelah berpisah dengan PTC (klik di sini), kang_ulid kembali dalam kesendirian. Selain itu, hujan lebat telah menanti, saking lebatnya hingga jarak pandang tidak lebih dari 3 meter. Sein kanan langsung kang_ulid hidupkan agar tidak di tubruk pengendara dari belakang ataupun depan.

Memasuki kota Demak, langsung mencari papan penunjuk ke arah Makam Sunan Kalijaga. Sip papan penunjuk terdeteksi, kang_ulid langsung ambil arah kirisesuai papan penunjuk. Sekitar 10 menit riding, lah kok makin sepi, akhirnya menggunakan fitur GPC (Global positioning Cangkem). Eh ternyata udah deket.

Langsung mencari tempat parkir. Dan rupanya sepanjang jalan ke makam Sunan Kalijaga banyak terdapat tempat parkir. Hampir setiap rumah, terdapat tulisan ‘parkir sepeda motor’. Di tempat parkir, istirahat sebentar sembari membuka ‘peralatan tempur’ dan membuka kaos kaki yang basah.

Setelah itu, kang_ulid jalan kaki menuju kompleks makam. Mendekati makam, dada berdegup semakin kencang. Tahlil, tasbih dan tahmid berulang kali kang_ulid ucapkan. “Ya Allah, hamba-Mu ini telah sampai pada wali ke-8, dan tinggal 1 lagi maka hamba-Mu ini telah menepati janji”. Memasuki pintu gerbang Makam, aura mistis dan energi ruhaniah semakin kental terasa. Subhanallah, ini adalah kuasa-Mu.

Memasuki cungkup makam, kang_ulid mulai duduk bersila sembari berdoa. “Subhanallah walhamdulillahi wa laillaha illah, Allahu akbar! Ya Allah sekali lagi Engkau menunjukkan kuasa-Mu padaku. Ya Allah, aku berusaha menepati janji dan sekarang tersisa 1 lagi, ridhoilah perjalanan ini, berilah yang terbaik kepada keluargaku, teman-temanku dan seluruh manusia yang mengagungkan Mu, amin!

cungkup makam Sunan Kalijaga

Setelah berdoa, merenung sejenak. Me-refleksi perjalanan yang telah di lakukan. Sampai pada satu kesimpulan, bahwa ini sudah di gariskan dan ini adalah yang terbaik. Oleh karena itu, kang_ulid harus menjalaninya dengan baik.

Sementara itu, kang Addo wp PC Semarang, telah menunggu di Demak sejak pagi. Sms dikirim guna menanyakan meet point. Rupanya dia menunggu di parkiran selatan Masjid Demak. Sip!!!

Setelah muter-muter sejenak, akhirnya kang_ulid menemukan parkiran yang dimaksud. Sebuah senyuman menyambut. Langsung kang_ulid paham bahwa dia adalah kang addkko wp (sebelumnya belum pernah berjumpa). Setelah kenal akhirnya kita lanjut ke Semarang.

Perjalanan Demak – Semarang langsung di sambut oleh hujan. Lumayan deras lah dan cukup menyulitkan. Apalagi sejak dari Surabaya foglamp si ge_black mati, entah mengapa. Perjalanan cukup membingungkan, sampai pada akhirnya kang addo wp memberi kode untuk menepi. Ternyata kita menepi ke sebuah warung milik anggota PC semarang.

Warung BT-19

Suasana penuh keakraban kembali kang_ulid rasakan. Walaupun kita baru kenal namun, bisa langsung akrab. Ngobrol tentang motor, touring dan dunia otomotif lainnya. Dan yang membuat kang_ulid takjub adalah si pemilik warung, BT-19. Di balik kesederhanaannya, dia rupanya pengunjung setia blog. Mulai daru TMCblog, Triatmono, dan blog-blog terkenal lainnya, dan dia ternyata termasuk pengunjung blog ini juga, (hehehe, kang_ulid jadi malu). terus terang, baru kali ini kang_ulid bertemu dengan pengunjung blog. Ada rasa salting juga sich, hehehhe…

Kang BT-19 (sebelah kiri) bersama kang_ulid

Disela-sela ngobrol, dia menawarkan ‘wedang uwuh’. Minuman khas dari warung tersebut. Minuman ini sangat menghangatkan badan karena terbuat dari campuran rempah-rempah, diantara jahe dan daun cengkeh, cmiiw.

wedang uwuh

Selepas maghrib, saya siap-siap lanjut, dan ternyata kang addo wp akan mengantar sampai keluar dari Semarang. Terima kasih kang, hehehe. Pergi dari warung BT-19, wisala malam sebentar. Kang addo wp menjadi tour guide, pertama ke sebuah gereja tua (namanya lupa), kemudian ke kota tua. Setelah itu, mampir ke kantor sebuah koran di Semarang. Rupanya kang addo wp masih ada urusan di sini. Setelah urusan kelar, kami sempat ngobrol di parkiran. Ngobrol seru banget hingga tak terasa waktu menunjukkan pukul 20.30 WIB. Perjalanan kami lanjutkan.

Kang addo wp, mengantarkan sampe kota berikutnya setelah Semarang (berhubung sudah malam, kang_ulid tidak sempat memperhatikan nama kotanya. Kembali kang_ulid riding malam sendiri. Dalam perjalanan ini, kang_ulid sempat menghubungi kang yudibatang guna meminta petuah tentang kondisi Semarang – Cirebon, terutama daerah alas roban dan daerah rawan lainnya. Kang yudibatang mengatakan aman, sip! perjalanan berjalan dengan tenang.

Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 23.30 WIB. Kantuk menyerang, waduh gawat nich. Tidak mau mengambil resiko, akhirnya kang_ulid menepi di sebuah POM bensin di  dan antara Pemalang -Tegal. Ngopi sejenak, dan ternyata POM ini ramai pengunjung yang akan beristirahat. akhirnya, kang_ulid memutuskan untuk bermalam di Hotel Merah-Putih ini (POM Bensin) ini.

Gelar matras, langsung istirahat…

To be continued…

rute perjalanan pati - Pemalang

Iklan

12 Responses to Touring D’wali Songo, Etape 3b : Melancong ke Kota Tua

  1. jaelan.. berkata:

    pertamax…..sy pantau trus wisata religinya…kang

    Suka

  2. jaelan.. berkata:

    kang…sy pun demikian….setaun yg lalu pernah bernadar klo……..titik2…..akan jiarah para wali..
    alhamdulillah….jiarah pun terlaksana…tgl 11…bulan 11…..taun….11…..
    tapi ngga semuanya…cuma 3 wali…. star dr bandung…..1.wali cirebon..2..demak…3..kudus..
    ……….berhubung waktu..ngga nyampai muria…sebab kami ber 4 turingnya..ada seseorang yg kecapaian….yaah..dari kudus lngsung pulang ke bdg…
    tapi intinya…ketika bernadar memakai kata…. jiarah para wali…sy rasa 3 walipun sdh termasuk kata banyak..heheh
    …………………………..smoga selamat sampai tujuan……………………amiiin

    Suka

  3. addo wp berkata:

    pertama ke majt (masjid agung jawa tengah) trus gereja blenduk tp maaf ya kang, g sempet foto”…

    Suka

  4. addo wp berkata:

    pertama ke majt (masjid agung jawa tengah) trus gereja blenduk tp maaf ya kang, g sempet foto” dan cm liat” dr jauh…posisi lepas di psr cepiring, kab. kendal…

    Suka

  5. wah warung bt19 daerah ngendi kuwi? pengin rasan wedange,

    Suka

  6. thaliban #bt19 berkata:

    klo kesemarang mampir…. darah pedurungan,,,,,

    Suka

  7. Prince Thunder Rider berkata:

    cukup segini ceritanya bro???

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: