Minat Pendaftar Menurun, Apakah Minat Sekolah Juga Turun???


Hmm…

Alhamdulillah…

Hari ini (03/07/12) adalah hari terakhir Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2012 untuk wilayah Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Besok adalah pengumuman, kemudian dilanjutkan dengan daftar ulang.

Dag dig dug ser… mungkin yang dirasakan calon Peserta Didik Baru. Mereka tegang karena jika tidak lolos di sekolah negeri maka mereka mau tidak mau ke sekolah swasta. Terus terang kang_ulid kurang begitu setuju dengan sistem online yang mengadu nilai Ujian Nasional mereka.

Mengapa? karena Ujian nasional adalah ujian yang penuh intrik di dalamnya. Penuh kepentingan. Dan rata-rata bukanlah murni hasil belajar, hehehehe…

back to topic…

Di SMKN 1 Suboh sampai detik-detik terakhir pendaftaran tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Selama 4 hari pendaftaran (29 juni-3 Juli), hanya hari pertama saja yang cukup menjanjikan yaitu 141 pendaftar. Hari-hari berikutnya, hanya dikisaran 20-30 pendaftar dalam sehari. Hadew!!! Akhirnya ketika pendaftaran online ditutup, SMKN 1 Suboh masih belum memenuhi quota yang seharunya.

Dan ternyata, ini tidak hanya dialami SMKN 1 Suboh saja. Sekolah-sekolah lainnya pun mengalami nasib serupa. Dari seluruh SMKN yang ada di Situbondo hanya 1 yang sanggup mencapai, bahkan lebih, target.

Dari 6 SMKN yang ada di Situbondo, hanya 1 SMKN yang dapat memenuhi kuota, yaitu SMKN 1 Panji. Sementara SMKN 1 Suboh menempati urutan kedua, dengan hanya kurang 32 pendaftar lagi.

Penurunan pendaftar ini, juga dirasakan oleh SMAN yang ada di daerah barat Situbondo yaitu SMAN 1 Besuki dan SMAN 1 Suboh.

Bandingkan dengan data pendaftar tahun 2011 berikut ini

Tahun 2011 SMAN 1 Besuki kelebihan 40 orang sedang tahun ini hanya kelebihan 13 orang saja. SMAN 1 Suboh tahun 2011 KEKURANGAN 3 orang, sedang tahun 2012 KEKURANGAN 19 anak. Sementara SMKN 1 Suboh, jumlah pendaftar tahun 2011 kelebihan 20 anak, sedangkan sekarang KEKURANGAN 32 anak.

Dari beberapa tabel tersebut, dapat disimpulkan bahwa tahun 2012 terjadi penurunan pendaftar untuk SMKN/SMAN yang menggunakan sistem online di Situbondo.

Pertanda apakah ini??? Apakah SMK/SMA negeri di Situbondo kalah pamor dari sekolah swasta?? atau para orang tua takut untuk menalangi biaya sekolah yang melambung tinggi???

entahlah…

Bagaimana dengan daerah lain???

Monggo di share…

Iklan

9 Responses to Minat Pendaftar Menurun, Apakah Minat Sekolah Juga Turun???

  1. Karis berkata:

    di sekolah saya baru hari ini tutup kang, maklum bukan di bawah diknas. Btw, smkn 1 panji masih favorit kang, tapi diknasnya agak kurang adil kayaknya, pagu mereka bener2 mematikan sekolah disekitarnya. Btw, MAN 2 Alhamdulillah masih on track

    Suka

  2. Aa Ikhwan berkata:

    ayooo sekolah,..ajib šŸ˜€

    Suka

  3. lare berkata:

    wis 13 tahun ra sekolah, ak ndaftar jik di tompo pu ura yo ? :mrgreen:

    Suka

  4. Taufik berkata:

    sistem online? maksute daftar smk nya di internet guthu mas?

    Suka

    • kang_ulid berkata:

      tetep melalui sekolah, tapi menggunakan 1 server untuk 1 kabupaten, jadi pendaftar tidak bisa mendaftar si tempat lain… hasilnya bisa di cek secara real time…

      Suka

  5. adam berkata:

    iya kang mungking lebih tepat bukan kurang peminat tapi kebanyakan sekolah šŸ˜€
    daerah ane setahun lalu ada 1 sekolah yg sebelumnya cuma menampung 32 siswa sekarang 64 siswa o_O
    banyak sekolah sekarang malah kekurangan siswa tp anehnya tetep aja walaupun banyak sekolah biaya pendidikan nggak murah ya

    tidak sebanding ama jualan makin banyak pesaing makin murah barangnya makin baik produknya šŸ™‚

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: