Hmm…
Hujan tlah tiba..
hujan tlah tiba… hore… hore… hati ku gembira… (eh lagunya bukan gini ya?! hehehhe).
Yang jelas, musim hujan telah tiba. Walaupun belum merata, namun beberapa daerah di Indonesia sudah banjir (hadew, Situbondo puanaaasss polll). Ketika musim seperti ini, sodara2 biker seantero negeri wajib meningkatkan kewaspadaan.
Ketika hujan, ancaman mengintai. Mulai dari visibilitas yang terbatas, jalan licin, basah kuyup kedinginan, hingga berkendara secara brutal (karena takut kena hujan).
Salah satu efek dari hujan adalah jalan basah. Dan salah satu efek dari jalan basah adalah suhu ban relatif dingin. Dan efek dari ban dingin adalah daya cengkram ban berkurang.
Loh kok bisa??!
Suhu ban berpengaruh terhadap daya cengkram ban ke aspal. Dalam kondisi normal, di pagi hari, ketika baru berkendara seringkali kita merasa kendaraan seperti oleng, apalagi ketika menikung. Namun, lama-kelamaan rasa oleng tersebut hilang. Itu terjadi karena awal berangkat, suhu ban belum mencapai titik yang seharusnya, dan setelah riding beberapa kilo baru dah suhu ban sesuai sehingga daya cengkeram menjadi lebih maksimal.
Oleh karena itu, kalau kita melihat motogp, pasti sebelum race start, ada warming up lap, 1 putara. Salah satu tujuannya adalah meningkatkan suhu ban menjadi ideal.
Nah di musim penghujan seperti sekarang, ban lebih sulit untuk mencapai suhu ideal. Sehingga ban slip mengintai, apalagi diperparah dengan jalan tergenang, berlumpur atau banjir. Resiko untuk jatuh tergelincir semakin besar.
Maka dari itu, musim hujan = ban dingin = wajib ekstra waspada.
pertamax š
SukaSuka
monggo…
persediaan melimpah kang…
SukaSuka
Adakah ban yg pas di saat musim hujan begini?
SukaSuka
ada… hehehe… caari ban yg memiliki alur untuk memecah aer… seperti di gambar juga boleh
SukaSuka
wej kalo buat harian hati hati saja, bukan buat balapan kok,
apa perlu tyre warmer…hehehe
SukaSuka
walopun untuk harian, tapi ban juga membutuhkan suhu ideal agar lebih menggigit… waspadalah
SukaSuka
3 hari yg lalu saya juga hampir jatuh pak.
berangkat kerja pagi, jalanan licin abis ujan. pas nikung ke kanan di perempatan deket rumah tau2 ban belakang sliding. Untung gak sampai jatuh.
gak tau karena ban masih dingin atau karakter IRC RX 01 memang licin.
SukaSuka
coba cek apakah IRC RX01 apakah masuk kategori wet tire ato bukan… tapi kalo baru berangkat, bisa jadi suhu ban belum ideal
SukaSuka
kalau kategorinya sih gak tahu, pak…
wong itu ban standar byson je…
š
SukaSuka
rx-01 jare-ne sih emang rodo licin CMIIW, durung nate nggawe
SukaSuka
š
yo bisa jadi..
SukaSuka
Suhu ideal itu berapa Ā°C ?
SukaSuka
Kalo d forum luar negeri, dkatakan suhu ideal sekitar 30 – 105 drajat celsius…
Tapi itu juga dpengaruhi oleh tekanan ban loh
SukaSuka
Cmiiw
SukaSuka
Wooch… berarti kudu musti buat BurnOut dulu bannya kalau gitu š biar membahana…. š
SukaSuka
asikkkkk…
SukaSuka