Dua Pabrikan Besar Telah Memasuki Era Perang Terbuka: Bagaimanakah Sepak Terjang Mereka di Tahun 2013?!


Hmm…

yamaha_logo_red4

Menarik sekali mengamati dua pabrikan motor terbesar di Indonesia. Siapa lagi kalo bukan Honda dan Yamaha. Persaingan kedua pabrikan ini tidak lagi dalam tataran perang dingin, tapi sudah benar-benar perang terbuka. Kok bisa?!

Untuk menjelaskan ini, kita perlu ‘berhenti sejenak dan lihat ke belakang’. Dulu, dua pabrikan ini amat jarang sekali ‘head to head’ dalam hal kubikasi mesin. hondaBahkan ada blogger senior yang mengulas khusus akan hal ini. Honda ngeluarin 100cc – Yamaha 105cc, Yamaha 135cc – Honda 125cc, Honda 200cc – Yamaha 225cc, Honda 160cc – Yamaha 150cc. Nah, kubikasi terakhir inilah yang membuat Honda cenat-cenut.

Dikubikasi mesin 160cc honda punya megapro, kemudian Yamaha menelorkan Vixion yang berkubikasi 150cc. Dan ternyata Yamaha mampu menggoyahkan kedigdayaan Honda di segmen motor batangan kelas di bawah 200cc bahkan kelas di atasnya pun goyah. Dan karena inilah, vixion dijuluki ‘the giant killer’.

Itu masih tataran Perang Dingin.

Bagaimana dengan Perang Terbuka?!

Sejak kekalahan Honda di segmen motor batangan, para petingginya putar otak. Segala daya upaya dilakukan. Hingga akhirnya menyatakan perang terbuka. Kemunculan New Mega Pro (eh duluan NMP ato CBR150 ya?!), menurut kang_ulid, adalah awal perang tersebut. Honda menelorkan motor batangan dengan kubikasi mesin 150cc. Motor ini digadang2 mampu membunuh ‘the giant killer’. Namun ternyata, ‘jauh panggang dari api’. NMP bukannya tidak laku, namun tidak sesuai harapan saja.

Yamaha yang merasa posisinya, walaupun di atas, terdesak, mencoba menambah amunisi baru. Byson lahir. Lumayanlah memecah konsentrasi konsumen.

Kemudian, di tahun 2012, muncul hembusan kuat bahwa vixion akan mengalami perubahan drastis. Spayshot-spyshot bertebaran dimana-mana. Ternyata Honda ga’ mau kalah, tak lama berselang, muncul kabar bahwa akan menelorkan motor 150cc dengan rangka teralis yang akan dijadikan amunisi baru membunuh ‘the giant killer’. Si teralis julukannya.

Nah…

Di penghujung tahun 2012, hanya berbeda beberapa hari, dua pabrikan ini launching produk barunya di kelas 150cc. Honda dengan CB150R dan Yamaha dengan New Vixion Lightening.

Perang terbuka kayaknya makin seru nich!!!

Mari kita tunggu bersama-sama bagaimanakah sepak terjang mereka di tahun 2013 ini. Apakah Honda mampu mengambil tahtanya kembali atau Yamaha masih mampu bertahan?! Kita simak baik-baik….

 

Bonus…

kamera pocket

Iklan

15 Responses to Dua Pabrikan Besar Telah Memasuki Era Perang Terbuka: Bagaimanakah Sepak Terjang Mereka di Tahun 2013?!

  1. TDF berkata:

    ibarat adu lari, sekarang udh mulai senggol menyenggol :-). semoga konsumen tidak dibuat galau :mrgreen:
    http://tafri22.wordpress.com/2013/01/02/analogi-motor-sport-vs-smartphone/#comments

    Suka

  2. djoshe berkata:

    lama-lama dunia otomotif sama kaya handphone yg sekarang muncul dengan berbagai tipe dan keunggulan sendiri-sendiri,,,,

    Suka

  3. warung DOHC berkata:

    iwak boyo ta iku? :mrgreen:

    Suka

  4. icaq berkata:

    macan loreng….

    Suka

  5. rusmanjay berkata:

    konsumen harus cerdas menentukan pilihan dengan banyaknya jenis produk

    Suka

  6. Aa Ikhwan berkata:

    ada yang menyerang dan ada yg bertahan sambil menyerang :mrgreen:

    Suka

  7. Papa Afnhy berkata:

    pilih nvl kang
    yang lain makin gak bisa ngikutin

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: