Seri Guru: Kalender Pendidikan Boleh Disesuaikan dengan Kondisi Riil Sekolah Loh…


Hmm…

Pada Seri Guru kali ini, kita akan membahas tentang Kalender Pendidikan. 1) Bahasan meliputi Definisi dari Kalender Pendidikan; 2) Aspek penting kalender pendidikan; 3) contoh kalender pendidikan. Oke kita akan bahas satu per satu.

A. Definisi Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur (sumber klik di sini).

Kalender Pendidikan biasanya dikeluarkan oleh pusat, menyesuaikan dengan kalender masehi pada tahun itu. Namun, biasanya, kalender pendidikan dari pusat masih diolah kembali dan disesuaikan dengan kondisi riil sekolah.

Kalender pendidikan berhubungan erat dengan penentuan Rencana Pekan Efektif (bahasan selanjutnya). Dengan melihat kalender pendidikan, maka guru bisa mengetahui dan memperkirakan kapan proses pembelajaran akan berakhir. Dapat pula memperkirakan kapan harus ulangan, dsb.

B. Aspek-Aspek Kalender Pendidikan

Sekolah diberi kebebasan untuk merubah bahkan merombak total kalender pendidikan dari pusat. Perubahan dan perombakan disesuaikan dengan kondisi seolah, cmiiw. Kalender pendidikan yang baik harus memuat beberapa aspek berikut.

  1. Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Permulaan tahun pelajaran telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu pada bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.
  2. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran. Sekolah dapat mengalokasikan lamanya minggu efektif belajar sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya.
  3. Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
  4. Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk  tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal. Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan, Kepala Daerah tingkat Kabupaten / Kota atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
  5. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari – hari besar nasioanl dan hari libur khusus.
  6. Libur jeda tengah semester, jeda antar semester dan libur akhir tahun pelajaran digunakan untuk persiapan kegiatan dan administrasiakhir dan awal tahun pelajaran.
  7. Sekolah / taman kanak – kanak pada daerah tertentu yang memerlukan libur keagamaan lebih panjang dapat mengatur hari libur keagamaan sendiri tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.
  8. Bagi taman kanak – kanak yang memerlukan kegiatan khusus dapat mengalokasikan waktu secara khusus tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.
  9. Hari libur umum atau nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten / Kota.

(Sumber klik di sini)

C. Contoh Kalender Pendidikan.

Kang_ulid akan menampilkan 2 contoh kalender pendidikan. Pertama kalender pendidikan dari pusat (dinas pendidikan), dan yang kedua telah dirubah dan dirombak sesuai dengan kondisi riil sekolah.

Kalender Pendidikan dari Dinas Pendidikan

Kalender Pendidikan dari Dinas Pendidikan

dan

kalender pendidikan yang telah disesuaikan dengan kondisi sekolah

kalender pendidikan yang telah disesuaikan dengan kondisi sekolah

Apa bedanya??

Perhatikan lingkaran pada masing-masing kalender. Pada kalender dari dinas pendidikan, keterangan masih umum sedangkan kalender sekolah memiliki keterangan lebih banyak dan lebih terperinci.

Nah… sudah paham kan apa itu Kalender Pendidikan?! Bagi guru-guru yang belum memiliki Kalender Pendidikan, silahkan hubungi Waka Kurikulum masing-masing, heheheh…

 

 

Artikel Terkait:

  1. https://ulidblog.wordpress.com/2013/01/05/seri-guru-kelengkapan-perangkat-mengajar/
  2. https://ulidblog.wordpress.com/2013/01/05/seri-guru-jadwal-pelajaran-itu-penting-loh/
Iklan

10 Responses to Seri Guru: Kalender Pendidikan Boleh Disesuaikan dengan Kondisi Riil Sekolah Loh…

  1. ipanase berkata:

    mantabh 😀

    Suka

  2. djoshe berkata:

    Heehehee
    memesku tak suruh bolos ngajar seminggu biar lama di jawa 🙂

    Suka

  3. rusmanjay berkata:

    tiap daerah sama ga?

    Suka

  4. paedhimas berkata:

    di Papua penyesuaiannya terlalu over kayaknya,Pak..bnyak liburnya karena hari istimewa utk daerah.. Tapi..ya., itulah efek otonomi khusus 😀

    Suka

  5. JASA KONSULTAN PENDIDIKAN BIMBEL DAN MOTIVATION CHARACTER BUILDING
    Bersama BKB XPERT MULTITALENTA INDONESIA BOGOR
    FOKUS, TOTAL DAN GEMILANG
    Bimbel Plus Kharismatik dan Ternama di Bogor (Spesialis Privat)
    Melayani Jasa layanan Tambahan :
    1. Pendampingan Siswa Berprestasi dalam Kompetisi Olimpiade MIPA SD-SMP-SMA
    2. Program Privat Matematika On Line Jarak Jauh (Pelajar dan Mahasiswa)
    Media Komunikaasi Pembelajaran : Facebook, What’s App, Email, Blog, BBM, Twitter.
    3. Inhouse Training Pembekalan Manajemen Outlet Singkat :
    (Manajemen Praktis dan Aneka Tips Jitu Buka Usaha Franchise Bimbel Plus Rumahan)
    Harga Paket Starter Kit Bisnis Hanya Rp. 300.000,- (Bebas Ongkir Wilayah Jabotabek)
    4. Pembuatan Soal-Soal Ulangan harian, Try Out Ujian Semester, Soal Ujian Nasional dan Soal SBMPTN beserta Soal Kisi-Kisi/ Prediksi Plus Soal
    5. Pendidikan Pembangunan Karakter Anak (Motivation Building) Paket Outbound Training Pengurus Organisasi RT/RW, OSIS Sekolah, Organisasi Kemasyarakatan, Perkantoran dan Instansi Pemerintahan. (Bersama Tim Independen Golden Training)
    6. Sales Modul Mata pelajaran Lengkap SD, SMP, SMA.
    7. Sales CD Multimedia Zenius Learning (Semua Mapel Lengkap Per Jenjang kelas)
    Solusi Bijak Investasi dan Berprestasi (Tunggu Apa lagi Daftarkan Sekarang Juga)
    Kami hanya melayani Pelanggan yang serius dan berminat.
    HUBUNGI SEGERA : IBU YENI SURYANI (Head of Academic and Finance)
    HOT LINE NEWS : HP. 08561321290/HP. 087874078105/HP.081293737515
    email : xpertbogor@gmail.com, wisnuxpert@yahoo.com
    Kunjungi segera : http://www.bkbxpertbogor.blogspot.com

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: