Kisah Dibalik Bore Up Si Ge_Black: #Part 1


Hmm…
Kejadian ini bermula hari sabtu kemarin (11/5), ketika akan menghadiri acara nikahan di daerah kraksaan probolinggo. Berangkat sekitar pukul 16.15, riding nyantai sambil nunggu gps nge-lock. Kira-kira 5km dari rumah, si ge_black tiba-tiba mati. Dugaan langsung pada bensin habis, soalnya akhir-akhir ini penunjuk bbm sering ngaco. Menepi, tanki di goyang-goyang dg harapan sisa bensin masuk k slang karbu n cukup sampai pertamini terdekat.
Pencet starter, brmm…, menyala. Kurang 50m dri pertamini, mati lagi. Langsung aja pencet kopling, agar laju motor sampai kios bensin. Isi bensin 2 liter. Start the engine, brmmm… riding dilanjutkan kembali.
Kira-kira 1 km kemudian, mati lagi. Aduhhh… knapa ini?! Menepi, nunggu mesin agak dingin, cek busi, ok. Cek listrik dari koil, ok. Kuras bensin yg di karbu, sippp. Dan menyala… namun, 20m kemudian mati kembali… akhirnya, pulang tuk ganti motor. Biarlah si ge_black istirahat sejenak.
Hari minggunya, si ge_black coba dihidupkan, suaranya kasar banget dari mesin sebelah kanan. Konsultasi dengan temen-temen XCDers se-Indonesia, diduga gear oil pump yang rompal. Hal ini diperkuat ketika mesin hidup, oli tidak bergerak (lihat via jendela kontrol oli).
Hari selasa, ada kesempatan untuk membawa si ge_black ke bengkel resmi bajaj di Situbondo. Apessss… rame banget. Seharian nunggu, si ge_black ga tersentuh mekanik (maklum mekanik udah terbatas, ada yg ga masuk pula). Akhirnya, motor ku titipkan di bengkel. Sebelum pergi, saya memberitahukan keluhan-keluhan dan dugaannya. Dan diakhiri dengan kalimat, ‘kalo ada yg perlu diganti silahkan diganti aja, mas, atau kalo ragu hub saya di nomer 081xxxxxx’.
Tadi siang, ditelpon beres (bengkel resmi), kalo oil pump patah dan piston wajib ganti.
Wawww….
Selepas melakukan tugas negara, langsung menuju beres.
Ternyata penyebab patahnya gear pompa oli adalah kotoran yang menyumbat disela-sela penggerak gear yg berbentuk bintang. Dan karna kemarin dipaksa jalan, akhirnya piston baret parah. Dan wajib diganti.

image

image

image

Konsultasi kembali dengan mekanik, maka diputuskanlah untuk naek cc alias bore up. Beberapa pilihan disodorkan mekanik, namun kang_ulid lebuh memilih saran kawan-kawan XCDers, yaitu menggunakan piston NMP.
Diameter asli piston xcd adalah 54 dan stroke juga 54. Sementara diameter NMP adalah 57,3. Setelah dihitung-hitung, kalo hnya bore up didapat angka 138cc. Lumayanlah….!
Bagaimana hasilnya? Kita tunggu besok kalo mesin si ge_black udah dirangkai kembali. Okay!!!

image

image

image

Iklan

33 Responses to Kisah Dibalik Bore Up Si Ge_Black: #Part 1

  1. ipanase berkata:

    horeeeee, naik sese

    Suka

  2. Papa Afnhy berkata:

    kerak pistonnya lumayan kang

    Suka

  3. macantua berkata:

    gear oil pump nya plastik ya?

    Suka

  4. Aa Ikhwan berkata:

    ajib naik cc 😀

    Suka

  5. Lik_Gino berkata:

    wah naik cc…
    karbune katane balik standart, kira-kira sanggup melayani g itu karbu
    atau juga sekalian ganti karbu?

    Suka

  6. mudagrafika berkata:

    Wih pistol e..,eh, piston e kobong ngono kang… 🙂

    Suka

  7. Lik_Gino berkata:

    wah berarti emang harus ganti karbu ソソªªªª?
    saya cari2 pe24 g dpt2. yg banyak pe28..
    ditunggu reviewnya setelah boreup…
    tapi kayake dah g bakal ngirit lagi deh…
    suatu saat saya akan menyusul juga (ngelus elus xcd hitamku)
    hihihi…

    Suka

  8. Cah Nglegok berkata:

    wooow…tambah power tambah buanteeer ikiiy…naik kubikasi jangan lupa kompresi naikin juga biar makin garang akselerasi motornya… 😆

    Suka

  9. fncounter berkata:

    Ganti tiger set engine…mantab…

    Suka

  10. Karis berkata:

    mantabs!!

    Suka

  11. heriyan berkata:

    mf kang mau tanya….motor aku smash 110cc udah pake setang mio, seher tiger, klep sonic, per racing TDR ,karbu PE 28, cdi BRT RK,kampas koling satri+per racing,
    masalah ny ko nafas ny gamau panjang kurang apa ny ya kang…????tolong di bantu…

    Suka

  12. […] Satu tahun yang lalu, si ge_black naek cc (artikel di sini). Bukan untuk mengejar topspeed loh, namun terpaksa. Gara-garanya, gear oil pump pecah, oli ga […]

    Suka

  13. rochan berkata:

    Gan itu beli oil pump nya dimana yah. ? Tolong kabarin ke 083820897707 thx gan

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: