Hmm…
Kejadian ini bermula hari sabtu kemarin (11/5), ketika akan menghadiri acara nikahan di daerah kraksaan probolinggo. Berangkat sekitar pukul 16.15, riding nyantai sambil nunggu gps nge-lock. Kira-kira 5km dari rumah, si ge_black tiba-tiba mati. Dugaan langsung pada bensin habis, soalnya akhir-akhir ini penunjuk bbm sering ngaco. Menepi, tanki di goyang-goyang dg harapan sisa bensin masuk k slang karbu n cukup sampai pertamini terdekat.
Pencet starter, brmm…, menyala. Kurang 50m dri pertamini, mati lagi. Langsung aja pencet kopling, agar laju motor sampai kios bensin. Isi bensin 2 liter. Start the engine, brmmm… riding dilanjutkan kembali.
Kira-kira 1 km kemudian, mati lagi. Aduhhh… knapa ini?! Menepi, nunggu mesin agak dingin, cek busi, ok. Cek listrik dari koil, ok. Kuras bensin yg di karbu, sippp. Dan menyala… namun, 20m kemudian mati kembali… akhirnya, pulang tuk ganti motor. Biarlah si ge_black istirahat sejenak.
Hari minggunya, si ge_black coba dihidupkan, suaranya kasar banget dari mesin sebelah kanan. Konsultasi dengan temen-temen XCDers se-Indonesia, diduga gear oil pump yang rompal. Hal ini diperkuat ketika mesin hidup, oli tidak bergerak (lihat via jendela kontrol oli).
Hari selasa, ada kesempatan untuk membawa si ge_black ke bengkel resmi bajaj di Situbondo. Apessss… rame banget. Seharian nunggu, si ge_black ga tersentuh mekanik (maklum mekanik udah terbatas, ada yg ga masuk pula). Akhirnya, motor ku titipkan di bengkel. Sebelum pergi, saya memberitahukan keluhan-keluhan dan dugaannya. Dan diakhiri dengan kalimat, ‘kalo ada yg perlu diganti silahkan diganti aja, mas, atau kalo ragu hub saya di nomer 081xxxxxx’.
Tadi siang, ditelpon beres (bengkel resmi), kalo oil pump patah dan piston wajib ganti.
Wawww….
Selepas melakukan tugas negara, langsung menuju beres.
Ternyata penyebab patahnya gear pompa oli adalah kotoran yang menyumbat disela-sela penggerak gear yg berbentuk bintang. Dan karna kemarin dipaksa jalan, akhirnya piston baret parah. Dan wajib diganti.
Konsultasi kembali dengan mekanik, maka diputuskanlah untuk naek cc alias bore up. Beberapa pilihan disodorkan mekanik, namun kang_ulid lebuh memilih saran kawan-kawan XCDers, yaitu menggunakan piston NMP.
Diameter asli piston xcd adalah 54 dan stroke juga 54. Sementara diameter NMP adalah 57,3. Setelah dihitung-hitung, kalo hnya bore up didapat angka 138cc. Lumayanlah….!
Bagaimana hasilnya? Kita tunggu besok kalo mesin si ge_black udah dirangkai kembali. Okay!!!
ganti liner?
SukaSuka
Blm kang, soalnya masih tebal, tpi next project ganti liner nya
SukaSuka
horeeeee, naik sese
SukaSuka
Terpaksa… 😦
SukaSuka
kerak pistonnya lumayan kang
SukaSuka
Terakhir dibersihkan, puasa taon kemarin sih…
SukaSuka
gear oil pump nya plastik ya?
SukaSuka
Yup… makanya mudah rompal…
SukaSuka
kmrn di bengkel langganan juga ada pies yang bongkar, kasusnya hampir sama, dtambah klepnya bengkok2, walhasil gantinya lumayan banyak… yg jadi masalah bukan harga nya. tp cari barangnya yang sulit, jadi mau gamau nginepnya lumayan lama…
SukaSuka
Yup… bener itu… untungnya di beres bajaj situbondo ready stock… jadi hanya 3 hari dah slesai…
SukaSuka
untung msh buka kang
SukaSuka
ajib naik cc 😀
SukaSuka
Terpaksa loh…
SukaSuka
gpp kang ane malah sengaja coba dinaikkin cc-nya
SukaSuka
wah naik cc…
karbune katane balik standart, kira-kira sanggup melayani g itu karbu
atau juga sekalian ganti karbu?
SukaSuka
Barusan dicoba, putaran bawah ga enak… rencana mo balik ke karbu win100 atau pe24…
SukaSuka
Wih pistol e..,eh, piston e kobong ngono kang… 🙂
SukaSuka
Gear pompa oli dah rompal, masih kupaksa ke beres, jaraknya sekitar 2km…
SukaSuka
Gan itu beli oil pump nya dimana yah. ? Tolong kabarin ke 083820897707 thx gan
SukaSuka
wah berarti emang harus ganti karbu ソソªªªª?
saya cari2 pe24 g dpt2. yg banyak pe28..
ditunggu reviewnya setelah boreup…
tapi kayake dah g bakal ngirit lagi deh…
suatu saat saya akan menyusul juga (ngelus elus xcd hitamku)
hihihi…
SukaSuka
Ga perlu ganti karbu gpp kok, tinggal menyesuaikan settingan pilot jetnya untuk putaran bawah 😀
SukaSuka
Pj dah ku naikkan loh…
SukaSuka
wooow…tambah power tambah buanteeer ikiiy…naik kubikasi jangan lupa kompresi naikin juga biar makin garang akselerasi motornya… 😆
SukaSuka
Hhehe, aku kan ga suka banter…
SukaSuka
Ganti tiger set engine…mantab…
SukaSuka
Tiger?! Mending nunggu ba200ns aja kang…
SukaSuka
Lebih mantab itu kang ^_^
SukaSuka
mantabs!!
SukaSuka
mf kang mau tanya….motor aku smash 110cc udah pake setang mio, seher tiger, klep sonic, per racing TDR ,karbu PE 28, cdi BRT RK,kampas koling satri+per racing,
masalah ny ko nafas ny gamau panjang kurang apa ny ya kang…????tolong di bantu…
SukaSuka
Cara paling sederhana sih coba turunin gear belakang atau naekin gear depan 1 mata, perbandingannya di perberat…
SukaSuka
[…] Satu tahun yang lalu, si ge_black naek cc (artikel di sini). Bukan untuk mengejar topspeed loh, namun terpaksa. Gara-garanya, gear oil pump pecah, oli ga […]
SukaSuka
Gan itu beli oil pump nya dimana yah. ? Tolong kabarin ke 083820897707 thx gan
SukaSuka
Monggo gabung dgforum xcders di fb
SukaSuka