Teliti Sebelum Beli Oli: Kasus Salah Beli Oli


Hmm…
Kejadiannya kemarin.
Si ge_black waktunya ganti oli. Biasanya pake enduro 4t, dg SAE 20w-50. Pernah sih pake enduro racing 15w-40, tapi pemakaian di atas 1000km mesin cepet manas. Akhirnya pake enduro biasa lagi.
Begitu sampai begkel langganan, lah kok mata tertuju pada oli lain bermerk Havoline. Terlihat ada 2 jenis, 1 warna abu2 dan 1 lagi warna hitam. Setelah di cek, akhirnya milih yang warna hitam, dengan pertimbangan spesifikasi sudah SM. Apalagi ditambah ada tulisan ‘motor oil’.

image

image

Penggantian oli dilakukan. Setelah sebelumnya harus bersusah payah membuka baut pembuangan oli, yg ternyata bulan kemarin dipasang dg penuh semangat oleh mekanik beres.
Malam harinya, iseng2 nanya d grup Xtreme on WA. Mulailah diskusi tentang oli.
Ternyata, SAYA SALAH BELI! Hadewww….
Ternyata, oli Havoline yg warna hitam ini untuk MOBIL! Hadewww…
Ternyata, Havoline untuk motor yang berwarna abu-abu, bahkan di depannya terpampang gambar motor gede banget. Hadewww…
Ternyata, oli ini mempunyai SAE 15w-40, lebih encer dari yang biasanya. Hadewww…

image

Lantas, bukankah oli mobil bisa juga untuk motor? Bisa sih bisa, namun tentunya pabrikan membuat dengan spesifikasi, campuran dan disesuaikan dengan jenis mesin.
Pembelajaran dari kasus ini adalah TELITI SEBELUM MEMBELI, hehehhe

Iklan

15 Responses to Teliti Sebelum Beli Oli: Kasus Salah Beli Oli

  1. Karis berkata:

    hahahahaha….. Gblack R4

    Suka

  2. gayuh58 berkata:

    ane malah pake yamalube di vario mz :mrgreen:

    Suka

  3. old legion berkata:

    Yang gambarnya motor belinya di mana tuh? Bahan dasarnya mineral apa sintetis kang! Saya lbh suka yg mineral kang! Kalo sintetis buat jalan kerja sehari2 malah cuma buang2 duit aja!

    Suka

  4. mudagrafika berkata:

    Ati ati kang… *yang penting ada tulisan MOTOR OIL* šŸ˜€

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: