Halal bi Halal Jatimotoblog: Long Trip to TN. Baluran Situbondo

Hmm…

Melanjutkan kisah halal bi halal Jatimotoblog (klik di sini)…

Setelah istirahat semalam, esok hari nya kami bangun untuk subuhan (kang ulid di bangunkan oleh kang mario, hehehe). Ternyata temen-temen sudah berada di pinggir laut. Dan ada yang terpancing untuk berenang di laut. Setelah puas berenang, kami pun siap-siap untuk berangkat, melanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Baluran Situbondo.

Jarak yang akan kami tempuh lumayan jauh. Melalui Navitel, diketahui jarak dari Pasir Putih ke TN. Baluran adalah 79km. Diperjalan, kang ulid menjadi Road captain alias penunjuk jalan, soalnya kang karis tidak bisa ikut (ada kepentingan keluarga) dan dianggap saya lebih paham daerah Pantura Situbondo. Sementara, kang Heri menjadi sweeper di belakang.

Singkat cerita… kami sampai di pintu gerbang TN. Baluran. Beli tiket masuk yang sangat murah. Kemudian kami persiapan untuk menembus belantara baluran. Dari sini, Road Captain (RC) saya serahkan ke kang Gesang (terus terang, walaupun orang Situbondo, namun ini kali pertama mengunjungi TN. Baluran, heehehe).

beli tiket TN. Baluran (pict. from kang maggi)

Jarak dari loket menuju Bekol (savana tempat banteng) adalah 12 km. Namun, jalannya sangat menantang. Suara jdakkkk… jdukkkk…. jdakkkk…. jdukkk…. mengiringi 12 km perjalanan tersebut. Dua belas kilometer namun, ditempuh dalam waktu hampir 1 jam. Menantang banget, apalagi perkataan kang karis semalam ketika briefing masih terngiang ditelinga, ”jika beruntung, kita akan bertemu dengan HARIMAU!”. Hadewwww… bertemu harimau kok beruntung, batinku.

IMG-20130828-WA0000 DSC03476

Sesampai di Bekol, pemandangan yang sangat indah menunggu kami. Seakan-akan kami tidak berada di Indonesia. Tidak heran, jika TN. Baluran dijuluki ‘Africa van Java’. Di sebelah barat tampak gunung yang tidak begitu tinggi, seakan-akan sedang mengawasi hamparan savana yang sangat luas. Di savana inilah, banteng biasanya berkumpul. Dan kebetulan, ketika kami tiba, masih ada 1 banteng yang tampak dikejauhan.

kang ulid

(pict from kang fncounter)

pulsar rider

XCDer foto bareng pulsarider (pict from kang fncounter)

DSC03477 DSC03478 DSC03480

Setelah puas foto-foto (sebenarnya yang puas foto-foto adalah kang heri setiawan loh, heheheh), perjalanan kami lanjutkan menuju Pantai Bama yang berjarak 3 km. Akses menuju ke sana tidaklah sesulit dari gerbang – bekol. Kurang dari 20 menit, kami sudah samapi di Pantai Bama.

IMG-20130825-WA0007

Hamparan pasir putih, hutan mangrove dan kawanan monyet  sudah tersaji di depan mata. Pantai Bama bisa dikatakan sebagai pantai di ujung timur pulau Jawa. Samar-samar, di sebelah timur, terlihat pulau Bali yang terkenal itu.

Kembali kami memuaskan diri untuk foto-foto. Sesi foto di pantai ini benar-benar melelahkan. Aku, kang bayu ‘ganzimaru’, kang arif ‘dadot’ dan kang mario, foto-foto dengan heboh dengan berbagai pose. dari gaya biasa samapi gaya lompat-lompat yang ga” jadi-jadi, hadewww…. Dari 10 kali lompatan, belum tentu ada yang jadi. Hal ini yang membuat lelah. namun, tetap aja seru, hehehehe

pethakilan di Pantai Bama (pict. from kang maggi)

official picture (from kang maggi)

Sekitar jam 14.30 WIB, kami memutuskan untuk pulang. Kembali rute menantang tampak di depan mata.

Satu jam berlalu, rombongan pertama sudah berada di pintu gerbang. Menunggu rombongan kedua. Setelah semua hadir, kembali kami foto-foto (dari tadi kok isinya foto-foto terusss, hehehhe).

Saatnya pulang….

Rencana awal, sepulang dari halal bi halal ini, temen-temen yang dari arah barat akan berkunjung ke rumah pak RT. Berhubung maghrib masih di Situbondo kota, akhirnya dibatalkan dan diputuskan untuk sholat maghrib + nonton gelaran motoGP di rumahku )kecuali kang Gesang n nyonya yang naik bus).

Jam 19.00 WIB, temen-temen dari arah barat, melanjutkan perjalanan pulang.

Semoga kita masih bisa berkumpul lagi dalam kondisi yang lebih baik dan lebih penuh barokah.

Kami (bersama kang Karis), selaku panitia lokal, mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya. Banyak hal yang mungkin tidak sesuai harapan sobat-sobat semua. Dan, kami juga berterimakasih karena sobat-sobat sudah bersedia meluangkan waktu sejenak untuk berkunjung ke Situbondo, dan rela untuk menempuh ratusan kilometer.

Terimakasih…

23 Responses to Halal bi Halal Jatimotoblog: Long Trip to TN. Baluran Situbondo

1. cicakdindingkreatip berkata:

enak yo bisa ikutan 😀 .. kangbro cuma bisa lihat tok… soalnya lagi banyak kerjaan di rumah . hemmmmmmmm 😉

2. Mas Sayur berkata:

hmmm…lihat pohon di tengah savana di gambar di atas,jai ingat afrika.. ***bukan saya pernah ke sana..,sering nonton di national geographic channel 😀
    nice post,kang…
    titip salam samaPak guru Kharis…tolong tanya apakah beliau merasa “beruntung” jika bertemu Harimau..?
    **mau tanya sendiri nggak berani :mrgreen:

3. Aa Ikhwan berkata:

halal bihalal yg ajib iki,.. salam aja ya kang 😀

4. abdoe maggi berkata:

mantaaaaap kang ulid, sekalian maturnuwun atas jamuannya :mrgreen:

• kang_ulid berkata:

tiap pantai punya keunikannya sendiri, sulit untuk membandingkannya, apalagi papuma pantai selatan, sementara pantai bama masuk ke pantai utara yang gelombangnya lebih tenang…

5. touringrider berkata:

keren kang.. sayang sangune wes entek gawe lebaran