Seri Sejarah: Jalan-jalan ke Situs Gling Seran Penuh Tanda Tanya (?)


Hmm…
Alhamdulillah masih bisa jalan-jalan a.k.a kalo anak club/komunitas disebut touring. Jalan-jalan kali ini bukan hanya sekedar jalan-jalan, namun sembari jalan-jalan sambil mencari ilmu. Ya kalo pribahasanya ‘menyelam sambil minum air’.
Adapun tujuan dari jalan-jalan ini adalah situs praaksara yakni situs Gling Seran, yang berada di kecamatan Wringin, kabupaten Bondowoso. Bagi pengajar sejarah Indonesia, tentunya situs ini sudah tidak asing lagi.
Situs ini adalah situs kuburan jaman praaksara, yakni Sarkofagus atau yang oleh penduduk setempat disebut ‘bhendusa/pandhusa’ dan kubur batu. Sederhanya adalah situs ini berisi peti mati jaman praaksara.
Tadi, sempat berdikusi sebentar dengan nyonya. Dia bertanya, ‘padahal dalam teori kehidupan praaksara dikatakan bahwa masyarakat praaksara mendekati sumber kehidupan, misalnya mata air atau sungai. Namun disini (situs Gling Seran) gersang dan jauh dari air?’. Saya pun berpikir sejenak sambil menganalisa lokasi serta keadaan sekitar. Akhirnya saya ingat dengan penjelasan dosen dulu bahwa tempat suci atau roh leluhur berada di tempat tertinggi. Ternyata, situs Gling Seran dibanding sekitar adalah tempat tertinggi dan posisi sarkofagus tepat mengarah ke gunung Argopuro. Berati mereka menggap bahwa gunung Argopuro adalah tempat kembalinya roh nenek moyang, makanya hampir semua kuburan mengarah ke sana dan berada di puncak bukit, di area terbuka pula.
Terus dimanakah kemungkinan tempat tinggal manusia praaksara?
Rulanya ridak jauh dari situ, tepatnya di kaki bukit situs Gling Seran, terdapat sungai dan merupakan areal yang subur (perlu penelitian lebih lanjut). Kami berkesimpulan bahwa (kemungkinan) di sanalah tempat pemukiman manusia praaksara.
Terus, situs Gling Seran berasal dari periode apa?
Nah untuk menjawab soal ini, perlu membuka kitab induk sejarah Indonesia alias SNI jilid 1 nih, hehehe. Nah, berhubung bukunya ada di rumah, jadi penjelasannya nanti aja ya… hehheehe… pissss…

image

image

image

image

image

image

Semoga berguna…

Iklan

6 Responses to Seri Sejarah: Jalan-jalan ke Situs Gling Seran Penuh Tanda Tanya (?)

  1. Mas Sayur berkata:

    beeee…
    bukunya di bawa terus gitu lho,Pak guru.. 😉
    jadi pengin tahu kelanjutannya nich….

    Suka

  2. potretbikers berkata:

    Didalam batu yang keroak itu, ada siluet wajah manusia….namun setengah monyet…#kabooorrrr ach 😆

    Suka

  3. Aa Ikhwan berkata:

    wow “jasmerah” 😀

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: