Menulislah Kawan, Jadilah Bagian dari Sejarah!


Hmm…
BNyak orang yang bingung ketika disuruh menulis. Ada yang bingung cara memulainya. Ada juga yang bingung apa yang akan ditulis.
Memang sih, menulis tidak bisa dianggap enteng. Butuh kerjasama antara otak dan otot. Kalo ga salah, ketika menulis ada 24 bagian tubuh yang bekerja, cmiiw. Namun, menulis tidak boleh dianggap terlalu berat.
Kunci dari menulis adalah PEMBIASAAN, & PENGULANGAN, & KESINAMBUNGAN.
Jika kita sudah terbiasa, maka semuanya jadi gampang. Contohnya begini, sejak kecil kita dibiasakan makan dengan tangan kanan. Maka, makan pake tangan sudah jadi kebiasaan dan sangat mudah. Coba makan dengan tangan kiri, maka akan terasa sulit karena ga terbiasa. Begitu juga sebaliknya. Begitu juga dengan menulis, Ketik sudah terbiasa maka semuanya akan mengalir lancar. Apapun bisa jadi bahan tulisan.
Pengulangan diperlukan untuk menjadi kebiasaan. Sesuatu yang dilakukan berulang-ulang, maka akan jadi terbiasa. Proses pengulangan merupakan jalan untuk menuju pembiasaan.
Dan yang terakhir adalah kesinambungan atau kontinuitas. Menulis harus terus dilakukan tanpa kuawatir apakah tulisan kita berbobot atau tidak, penting atau tidak,  bombastis atau tidak. Sesuai EYD atau tidak. Pokoknya menulis, menulis dan terus menulis.
Jadi inget kata-kata dari pemateri ketika saya mengikuti workshop penulisan. Beliau mengatakan ‘lebih baik bisa menulis baru belajar EYD/gaya penulisan, daripada sebaliknya’.
Menulis bisa membuat kita menjadi bagian dari sejarah. Kejadian-kejadian menarik, bisa kita tulis dan bisa kita baca sampai kapanpun. Peristiwa tersebut bisa tetap lestari sampai kapanpun di dunia tulisan.
Motivasi kang ulid menulis ga muluk-muluk yaitu ingin menjadi bagian dari sejarah. Dan yakinlah bahwa menulis, bonusnya adalah persaudaraan.
So, teruslah menulis…

 

Artikel Terkait:

Iklan

3 Responses to Menulislah Kawan, Jadilah Bagian dari Sejarah!

  1. potretbikers berkata:

    Sieepppp-siieeeppp lanjutkan 😀

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: