Part Substitusi Seal Kick Starter Bajaj XCD 125


Hmm…
Beberapa minggu terakhir, si ge_black meler; kena flu. Oli merembes dari bagian kick starter. Karena kesibukan, akhirnya terbengkalai.
Tadi pagi-pagi ketika akan memandikan si ge _black, lah kok rembesan oli makin banyak. Ya udah ga jadi dimandiin, mumpung ada waktu ke bengkel resmi dan skalian dimandiin sehabis dari bengkel.
Sesampai di beres, mekanik tidak ada, yang ada hanya bagian sparepart (perlu diketahui, bahwa di beres bajaj situbondo bengkelnya ada 2 lokasi yg berjarak 50m). Nanya ke mbak penjaganya, tentang seal kick starter, dianya juga bingung. Gimana ga bingung, lawong sama-sama ga tau nama n kode di part katalog, hehehehe.
Untungnya, setelah 10 menit berselang, ada mekanik yang ke bagian sparepart. Kebetulan dia juga nyari sparepart juga. Dengan bantuan si mekanik, kode dan nama part diketahui. Namun, ternyata part nya KOSONG. Hadewww…
Si mekanik mengusulkan untuk mencari part substitusi. Ya udah, oke sajalah, yang penting ga bocor lagi. Dengan berbekal kode part asli yaitu 16-26-7, si mekanik mencari substitusinya ke toko sparepart terdekat.
image

Tak berapa lama, si mekanik datang membawa kabar gembira. Bahwa part substitusinya sudah dapat. Seal kick starte xcd 125 sama persis dengan seal kruk as bhonda beat. Sama-sama berukuran 16-26-7. Sipppp…..!
Di pasang langsung cocok tanpa ada ubahan apapun.
image

Pelajaran yang dapat dipetik adalah kreatiflah mencari part substitusi. Biasanya part dg ukuran sama (terutama untuk seal n bearing), bentuknya pun akan sama. Walaupun merknya beda bahkan jika pun posisi aslinya beda.
Semoga info ini berguna bagi pengguna XCD 125.
image

Artikel Terkait:

Iklan

3 Responses to Part Substitusi Seal Kick Starter Bajaj XCD 125

  1. athleteriders berkata:

    intinya jangan terpaku pada satu merk saja untuk urusan spare part 😀

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: