Hukum Penawaran dan Dunia Motor


Hmm…

Bagi praktisi ataupun akademisi penjualan/marketing, pasti akrab dengan istilah Hukum Penawaran atau Supply. Hukum penawaran menjelaskan sifat hubungan antara jumlah suatu barang yang ditawarkan para penjual dengan harganya. Bunyi hukum penawaran yaitu: “makin rendah harga suatu barang, maka makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual; sebaliknya makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual”.

Makna dari hukum penawaran tersebut adalah bilamana harga suatu barang atau jasa rendah maka jumlah barang atau jasa yang disediakan penjual jumlahnya sedikit, namun bilamana harga barang atau jasa itu tinggi maka jumlah barang yang disediakan penjualnya jumlahnya banyak. Contoh kasus; Air Minum Mineral, dulu hanya disediakan oleh perusahaan dengan merk Aqua, namun saat ini perusahaan air minum mineral jumlahnya sangat banyak dan beragam. Contoh lain penyediaan jasa pengawalan (pengamanan), sekarang ini banyak sekali disediakan masyarakat jasa pengamanan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Hukum penawaran jika digambarkan dalam bentuk kurva penawaran maka pada umumnya naik dari kiri bawah ke kanan atas, bentuk kurva yang de-mikian disebabkan sifat hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual berhubungan searah. Jika yang satunya naik (misalnya harga) maka yang lainnya naik (misalnya jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual). Hal tersebut sebagaimana diilustrasikan dalam bentuk kurva seperti dalam gambar berikut:

 

Gambar Kurva Penawaran

Gambar Kurva Penawaran

Nah, di dunia otomotif pun tak luput dari hukum ini. Dealer-delaer dan sales membombardir konsumen dengan berbagai iming-iming agar konsumen membeli produknya. Mulai dari iming-iming hadiah langsung, cashback, undian berhadiah, hingga metoda angsuran ringan.

sesuai dengan hukum penawaran, ini mengindikasikan bahwa produk motor mereka berharga tinggi (atau jangan-jangan kelewat tinggi).  Memang sih, pembelaan mereka adalah ketatnya persaingan penjualan motor di negeri ini. Namun, bukankah jika harga motor rendah dan ditambah kepopuleran merk mereka, maka secara otomatis konsumen akan membeli?! Produk mereka akan laris manis bak kacang goreng.

Entahlah…!

 

Iklan

3 Responses to Hukum Penawaran dan Dunia Motor

  1. potretbikers berkata:

    Wich, mateb sharingnya….#izin menyimak saja 😀

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: