Memanjakan Si Ge_Black: Ganti MJ & Dibikin Kinclong


Hmm…
Alhamdulillah selesai juga…
Seharian memanjakan si ge_black. Bagian karbu yang jadi sasaran. Tadi setelah sarapan, langsung mengeluarkan toolkit. Untuk bongkar karbu, alat yang dbutuhkan hanya kunci 8 atau 10 (sesuai ukuran baut) dan obeng. Proses bongkar cukup cepat. Ini efek tidak menggunakan fairing. Bandingkan dengan motor yang menggunakan fairing, sebelum bongkar karbu harus bongkar fairing terlebih dahulu.
image

Setelah dibongkar, ternyata karbu cukup kotor. Ini mutlak karena ga pake filter. O iya. Karbu yang digunakan adalah Keihin PE 24 (kw100).

Proses selanjutnya adalah mencopot jeroan karbu, mulai dari PJ/MJ hingga pelampung. Kemudian dibersihkan dengan bensin. Karena tidak punya kompresor, maka digunakanlah pompa manual untuk membersihkan PJ/MJ.
Setelah itu, karbu saya gosok menggunakan sanpolish agar kinclong. Termasuk juga mangkuk dan lubang skep, serta lubang venturi. Intake manifold juga tak luput dari penggosokan ini.
Di gosok… digosok… digosok…
Proses inilah yang membutuhkan waktu lumayan lama. Setelah kinclong dan mulus, barulah karbu disatukan kembali. Dengan catatan, main jet saya gedein, sebelumnya pake ukuran 98 diganti dengan 108. Setelah itu dipasang kembali.
Setelah terpasang, dihidupkan dan dsetel. Untuk ini pake ilmu perasaan aja, hehhe. Setelah dirasa pas, motor dicoba dijalanan. Lumayanlah, ada peningkatan performa.
Jika sebelumnya gas di bawah separuh putaran terasa endut-endutan, sekarang udah ga ada lagi. Sebelumnya di gigi 1 dan 2, ngeden banget, sekarang dah ga ada lagi.
Alhamdulillah…
Eh… tapi kok dari knapot muncul asap tipis berwarna hitam?! Aduh kenapa ini… akhirnya konsultasi dengan mekanik langganan via telp. Ternyata itu pertanda boros. Semoga sebanding antara boros dengan performanya. Amin!

Artikel Terkait:

Iklan

20 Responses to Memanjakan Si Ge_Black: Ganti MJ & Dibikin Kinclong

  1. Karis berkata:

    ge_black pancen oye

    Suka

  2. […] saya membahas tentang memanjakan si Ge_Black. Pada artikel tersebut disinggung tentang penggunaan Karburator Keihin PE24. Sebenarnya, […]

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: