Knalpot si Ge-Black Berasap: Kemungkinan Ini yang Terjadi…


Hmm…

ilustrasi dari mbah gugel

Beberapa hari terakhir, si Ge_black ngebul ketika pagi hari atau ketika lama parkir. Awalnya ngebul dibarengi dengan bau bensin menyengat. Prediksi awal adalah terlalu boros. Perlu setting ulang. Namun akhir-akhir ini bau bensin tidak tercium lagi, namun masih ngebul di pagi hari.

Tanya-tanya ke mekanik langganan dan ke mbah gugel, didapat beberapa info seperti berikut:1. Liner silinder tergores

Pada saat mesin dinyalakan dan kepala piston yang bergerak maju-mundur atau naik-turun bisa menimbulkan goresan pada liner silinder. Luka gores tersebut menjadi celah bagi oli mesin untuk masuk ke ruang bakar. Akibatnya, saat mesin dinyalakan dan proses pembakaran terjadi, oli ikut terbakar sehingga menghasilkan asap pekat. Untuk mengatasi hal itu, harus dilakukan penambahan ukuran atau istilah di kalangan penggemar modifikasi adalah oversizing. Namun, proses tersebut juga harus dibarengi dengan penggantian piston dan ring piston.


2. Piston dan ring piston aus

Piston dan ring piston aus karena faktor usia pakai atau karena sebab-sebab lain akibat perawatan dan perlakuan terhadap motor yang tidak baik.Bila keduanya rusak atau aus, selain menyebabkan kemampuan kompresinya menurun sehingga performa mesin loyo juga menyebabkan oli merembes ke ruang bakar, khususnya ring piston oli.

Bila ternyata silinder masih bagus, tetapi piston dan ring piston telah aus, Anda harus mengganti keduanya.


3. Seal klep bermasalah

Bila seal klep atau bahkan klep itu sendiri aus atau rusak, maka oli yang melumasi piston akan merembes ke ruang bakar. Akibatnya, rembesan pelumas itu ikut terbakar saat proses pembakaran dan menimbulkan asap pekat dari knalpot.

Untuk mengatasi masalah itu mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru. Sebab bila tidak permasalahan tidak akan pernah selesai karena peranti yang sudah aus tidak bisa digunakan lagi.


4. Volume oli yang berlebihan

Satu hal yang patut digarisbawahi, setiap produsen sepeda motor telah menetapkan kapasitas mesin dalam menampung oli. Begitu pun dengan pabrikan minyak pelumas yang telah mempertimbangkan hal tersebut.

Walhasil, dalam satu kemasan, baik kaleng maupun botol plastik, volume oli yang harus dituang ke mesin telah ditetapkan dengan pasti. Bila ada pemilik motor yang ingin menambah volume oli ke mesin dengan dalih agar gesekan antarkomponen mesin tidak terjadi, hal itu justru salah. Sebab oli yang melebihi takaran rawan masuk ke ruang bakar, terutama di saat mesin sudah panas dan oli semakin encer.

Akibatnya, oli yang masuk ke ruang bakar ikut terbakar saat proses pembakaran terjadi. Hasilnya, asap pekat keluar dari knalpot.

(sumber 1-4: klik di SINI).

5. Campuran bahan bakar terlalu kaya/banyak

6. Air di Knalpot

Jika asap putih tipis dan terjadi hanya pada pagi hari, pada saat kendaraan baru dihidupkan di pagi hari atau pada cuaca dingin ( suhu rendah ): disebabkan adanya uap air didalam knalpot.
Kemungkinan besar ini yg terjadi pada motor anda.
Ini sangat wajar, karena uap air akan menimbulkan asap putih tipis jika dipanaskan, asap ini akan hilang seiring dengan habisnya uap air yakni jika kendaraan sudah hidup beberapa saat.

Sumber 5-6: klik di SINI)

Nah, itu hasil pencarianku. Semoga si ge_black hanya mengalami poin 6. Soalnya akhir bulan nih, hehehehe…

Artikel Terkait:

Iklan

32 Responses to Knalpot si Ge-Black Berasap: Kemungkinan Ini yang Terjadi…

  1. Bapak'e Salma berkata:

    mungkin opsi nomor 2

    Suka

  2. roda2makassar berkata:

    kebanyakan sih liner selinder yang aus. coba ganti ring aja dulu. kalau masih sama yahh.. oversize deh… 😀

    Suka

  3. andhi_125 berkata:

    kasi lem biru #upsss 😆
    ato kalo nggak, ganti aja kunci kontaknya kang, pasti gak ngebul lagi :mrgreen:

    Suka

  4. fncounter berkata:

    seperti nya harus ada peremajaan produk…… ganti P200NS lebih pas….. :mrgreen:

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: