Regulasi Indoprix 2014 Sudah Sip: Sekarang Ketahuan Siapa yang Cemen?!


Hmm…

payungSebentar lagi kejuaraan Indoprix 2014 akan berlangsung. Menurut jadwal
akan berjalan 26-27 april 2014. Putaran 1 ini bertempat di Sentul International Karting & Motorcycle Bogor, Jawa Barat. 

Gonjang-ganjing Indoprix 2014 berada di kelas Sport 150 cc. Bermula dari pihak YIMM yang tidak menyetujui motornya turun di kelas ini. Alasan utamanya adalah keamanan. Namun, masalah tidak berhenti sampai disitu, regulasi yang kurang pas diduga penyebabnya.

Bahkan tadi malam, di grup WA Jatimotoblog terlibat diskusi serius namun santai. Hasil diskusi mengerucut pada: 1) dicampurnya motor sport dengan underbone di kelas sport 150 cc yaitu dengan masuknya Satria FU, 2) regulasi balap yang kurang sip. Menyimak diskusi semalam, saya pun penasaran. Dan muncul pertanyaan utama, bagaimanakah regulasi Indoprix 2014 sesungguhnya? masuknya satria FU adil atau tidak? Apakah regulasi tidak mengatur masalah safety lintasan balap?

Ternyata jawabannya ada di regulasi yang dikeluarkan oleh IMI. Mari kita jawab satu persatu.

1. Bagaimanakah regulasi Indoprix 2014 kelas 150cc?

Dalam regulasi balap regulasi balapyang dikeluarkan IMI terdiri dari 6 bab. Semua sudah tercantumkan mulai dari penyelenggaraan, peserta, jenis dan ketentuan mesin dan lintasan balap.

Saya kira jika semua pihak mempelajari dengan baik akan diperoleh titik temu. Dan tidak ada yang menyalahkan regulasi atau jika memang ada yang tidak pas, bisa diusulkan perubahan untuk balapan mendatang.

 

2. Masuknya Satria Fu dikelas 150cc, adil atau tidak?

Diregulasi tercantum bahwa kelas 150cc meliputi motor sport dan underbone. Setelah membaca langsung regulasi mesin, maka saya sendiri berpendapat, ini adil. imi

Sebenarnya yang dipermasalahkan adalah PWR antara underbone dengan sport. Banyak yang bilang, ‘satria FU pasti menang karena lebih ramping”. PWR ditentukan oleh berat kendaraan sebagai pembanding dari tenaga yang dihasilkan. Perhatikan gambar dibawah ini:

regulasi balap

Ketentuannya berat motor+ rider untuk sport adalah 155kg sedangkan untuk underbone adalah 160kg. Dibuat selisih 5kg lebih berat underbone loh. saya kira ini sudah fair.

3. Apakah regulasi tidak mengatur masalah safety lintasan balap?

Diregulasi balap telah diatur tentang lintasan dan safety pendukungnya. Ketentuan ini tercantum pada Lampiran D tentang PErlombaan Balap Sepeda Motor. Isinya adalah:

5. SIRKUIT.
Perlombaan sepeda motor harus dilaksanakan di sirkuit yang memenuhi semua persyaratan yang ditentukan dan telah diakui/disahkan atau dinyatakan laik oleh PP. IMI atau Pengprov IMI sesuai dengan tingkat perlombaan tersebut.
Pengecualian terhadap peraturan tersebut diatas, dapat diberikan sepanjang menyangkut panjang lintasan balap dan/atau infrastruktur pendukung misalnya paddock, pit dan lain-lain selama tidak berpengaruh terhadap keselamatan dan keamanan bagi semua pihak yang berada di arena perlombaan. Lintasan balap harus diberi pagar pengaman.
Pemeriksaan sirkuit dilaksanakan dengan jadwal sebagai berikut :
1. Pemeriksaan I : dilaksanakan 3(tiga) bulan sebelum tanggal
pelaksana an perlombaan.
2. Pemeriksaan II : dilaksanakan 1(satu) bulan sebelum tanggal pelaksa-naan perlombaan.
3. Pemeriksaan III : dilakukan oleh Dewan Juri 1(satu) hari sebelum
perlombaan.

11. Sistem Perlombaan
LINTASAN UNTUK BALAP MOTOR.
1. Panjang lintasan minimal 1,2 Km (1 putaran).
2. Lebar minimum 6 meter.
3. Jalur lurus harus dipisah dengan ban atau karung dengan tinggi 60 cm.
4. Pengaman jalur tikungan dengan ban atau karung dengan tinggi 75 cm.
5. Lintasan lurus tidak lebih dari 400 meter dihitung dari r/corner/tikungan
terakhir sebelum lintasan lurus sampai dengan tikungan berikut setelah
lintasan lurus tersebut.
6. Jarak tempuh Minimal lomba :
A. Kelas – kelas :
1) MP1 dan MP2 : 25 km.
2) MP3 dan MP4 : 20 km.
3) MP5 dan MP6 : 15 km.
B. Super Sport 600 cc
Sama dengan jumlah lap pada Kejuaraan Asia.
7. Jarak tempuh lomba dapat ditoleransi sebesar 5% up.

Nah, berdasarkan regulasi di atas, sebenarnya panjang, lebar dan keamanan lintasan sudah ada. Jadi jika ada yang beralasan masalah keamanan, saya kira kurang tepat.

Setelah membaca uraian diatas sekarang ketahuan mana yang CEMEN mana yang tidak. Apalagi info dari aripitstop dikatakan bahwa CB150R sampai latihan kedua tidak muncul, malah NVL yang nongol.

Monggo didiskusikan dengan kepala dingin.

 

Sebaiknya Baca Juga INI:

 

 

 

Iklan

24 Responses to Regulasi Indoprix 2014 Sudah Sip: Sekarang Ketahuan Siapa yang Cemen?!

  1. paperiders berkata:

    kalo lah keberatan dengan regulasi harusnya kan sudah diomongkan ke pihak indospeed tp klaim keberatan juga ga ada hingga menjelang rilis tim balap masing-masing, tapi menjelang hari H menyatakan mengundurkan diri, kan sesuatu banget alasane..

    http://paperiders.wordpress.com/2014/04/26/indoprix-antiklimax-yang-maximum/

    Suka

  2. benito berkata:

    Lintasan kok onok karunge? Memange lagi banjir?

    Suka

  3. Rtr berkata:

    Nah lo ketahuan deh.

    Suka

  4. sijidewe berkata:

    wahhh CB150R kemana 😮

    Suka

  5. ipanase berkata:

    baru tahu kalau ada regulasinya 😀

    Suka

  6. RPMspeed berkata:

    wah ,ternyata fu beratnya dibuat segitu bagaiamana carnya ? .memperbesar rider ?

    Suka

  7. iwan cumik berkata:

    Dicoba. Test 123 ..dicoba

    Suka

  8. boerhunt berkata:

    pinjem gambare yo cak..
    thx

    Suka

  9. Karis berkata:

    Regulasi memang sudah oke kang, tapi buat balapan bebek vs batangan, mau dibikin semirip mungkin spesifikasinya tetap saja gak pantes. Menang gak bangga, kalah memalukan.

    yang menarik adalah panjang straight maksimal 400 m, motorsport batangan dengan straight sependek itu apa yg bisa didapat. Tapi memang masalah utamanya adalah kenap bikin regulasi yang membuat bebek bisa masuk, apa motivasinya?

    Suka

  10. TiCtAc berkata:

    bukan ttg cemen apa engga gan, lha itu nvl turun emng mesin doang yg yamah yg nampang kn daytona, dan itu privateer,.
    yamaha konsisten dgn prnyataannya,.
    kabar baiknya ya syukur bsa naik podium. itu jg karena FU bnyak kteterna trkait eng. durability
    lu liat dong kjadian yamaha turun IRS 150 ada juga yamaha DNF ngebul dll sbg
    nah ente brani buat artikel yg isinya bilang yamaha ngebul dan dnf kaga?

    Suka

  11. yan berkata:

    tapi satu yang keliru boss,,hasil indo prix..mosok catatan waktu iP 150kalah ama IP125..??? gak pair donk..disini jelinya yamaha sejak awal…dan honda baru nurut…mangkir iutan IP150…jadi..cc bsar kalah ma cc kecil…buat apa IP150,..yamaha kan mikir sejak awal mosok Vixion kalah ama jupiter Z1??? IMI emang aneh…

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: