Recall Harley-Davidson Cuma Gara-Gara Indikator Bensin Ngaco: Kalo Pabrikan Indonesia Ga’ Mungkin Kayak Gitu!


Hmm…
Info terbaru datang dari pabrikan otomotif Amerika. Pasti udah pada tau dengan Harley-Davidson (HaDe). Seperti yang dilansir oleh kompas.com, mengenai recall HaDe Breakout.

image


Pada tanggal 24/4 kemarin, National Highway Traffic Safety Administration (NTHSA) mengumumkan recall Harley-Davidson Breakout. Hal ini dilakukan setelah minggu lalu Transport Canada mengumumkan penarikan kembali 884 unit, diikuti lembaga keselamatan di Australia dengan jumlah 1.722 unit.
Penyebab utamanya adalah indikator/meteran bensin ngaco. Tertera di panel masih ada bahan bakar tersisa, padahal di tangki sudah kosong. Hal ini sangat membahayakan, karena pengendara akan mengira masih punya sisa bahan bakar, dan rawan kehabisan bensin di tengah perjalanan.
Nah, dari rilis yang dikeluarkan NHTSA, hal ini diakibatkan posisi tangki tiga derajat lebih ke depan karena suspensi. Pelampung di tangki, yang menjadi alat untuk mengukur sisa bahan bakar, tidak bisa menyesuaikan dengan angle posisi tangki yang berbeda. Intinya, pelampung tidak salah, karena membaca sisa bahan bakar berdasarkan apa yang diterima.
Solusinya, semua dealer Harley-Davidson diwajibkan memasang peranti lunak baru untuk mengalibrasi ulang sensor bahan bakar agar bisa menyesuaikan dengan angle tangki yang berbeda.
Jadi, hanya gara-gara indikator bensin ngaco, HaDe Breakout di recall. Sangat berbeda dengan di Indonesia, yang belum mengenal budaya ‘recall’. Pabrikan di sini takut jika di recall maka akan dijadikan bahan kampanye hitam pabrikan kompetir. Akhirnya dikemaslah dengan nama servis gratis, dsb. Pabrikan serta lembaga terkait belum secara utuh memperhatukan keselamatan konsumen.
Ironinya Indonesiaku….

Sumber: kompas.com

Sebaiknya Baca Juga INI:

Posted from WordPress for Android

Iklan

18 Responses to Recall Harley-Davidson Cuma Gara-Gara Indikator Bensin Ngaco: Kalo Pabrikan Indonesia Ga’ Mungkin Kayak Gitu!

  1. paperiders berkata:

    indonesia bebas recall 😀

    Suka

  2. rtr berkata:

    Mantap itu pabrikan.

    Suka

  3. ipanase berkata:

    sini aman anti recall

    Suka

  4. iphong berkata:

    jangan samakan dia dngan dirinya 🙂

    Suka

  5. […] otomotif Indonesia itu unik. Apa yang lumrah, di sini bisa jadi tidak lumrah (seperti recall produk bermasalah). Nah, bisa jadi penggunaan tanki kondom akan dimanfaatkan oleh kompetitor untuk menjegal langkah […]

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: