Div. Humas Mabes POLRI: Mengetahui Anggota Polri Kasar/Melanggar Hukum, LAPORKAN!


Hmm…

Salah seorang kawan di facebook share status dari Divisi Humas Mabes Polri. Isinya sangat menarik, yaitu himbauan kepada masyarakat jika menjumpai anggota Polri yang melanggar hukum, silahkan laporkan ke bidang propam POLDA. Selengkapnya yuk kita simak bersama-sama:

IMBAUAN MOHON BANTU SHARE

MENGETAHUI ANGGOTA POLISI KASAR/MELANGGAR HUKUM? SEGERA LAPORKAN KE BID PROPAM POLDA

AKBP Riza Yulianto mempersilahkan masyarakat untuk mengadukan kepada Direktorat Propam apabila menemukan anggota Polri yang bertindak kasar tanpa sebab yang jelas terhadap masyarakat selama menjalankan tugas.

Menurut dia, perlakuan semena-mena anggota dalam bertugas jelas melanggar Kode Etik Profesi Polri sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 7 tahun 2006 tentang Kode Etik Profesi Kepolisian Negara Republik Indonesia, dimana dalam Pasal 7 Kode Etik Profesi Polri disebutkan Etika Pengabdian Polri.

Kabid Humas Polda Kep. BABEL AKBP Riza Yulianto pada Kamis (15/5/2014) siang mengatakan “Seorang anggota Polri tak diperkenankan bersikap kasar pada masyarakat tanpa sebab yang jelas, terlebih saat menjalankan tugasnya, mereka wajib mengedepankan tindakan preemtif, prefentif baru kemudian represif. Jika ditemukan mereka kasar, adukan saja ke Propam,”

Ia menambahkan, sejatinya anggota Polri senantiasa menghindarkan diri dari perbuatan tercela yang dapat merusak kehormatan profesi dan organisasinya dengan tak melakukan tindakan seperti bertutur kata kasar dan bernada kemarahan, menyalahi dan atau menyimpang dari
prosedur tugas, bersikap mencari-cari kesalahan masyarakat.

Lalu mempersulit masyarakat yang membutuhkan bantuan atau pertolongan, menyebarkan berita yang dapat meresahkan masyarakat, melakukan perbuatan yang dirasakan merendahkan martabat perempuan, melakukan tindakan yang dirasakan sebagai perbuatan menelantarkan anak-anak dibawah umur serta merendahkan harkat dan martabat manusia.

Setiap anggota Polri pun diwajibkan mengedepankan sikap melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. “Jangan sampai instruksi tersebut hanya tulisan biasa saja, melainkan pedoman setiap anggota dalam menjalankan tugas. Demi memperbaiki citra Polri dimata masyarakat,” pungkas Kabid Humas.

Nah, jika menjumpai polisi nakal, segera laporkan. Setidaknya kita berusaha, walaupun seringkali penanganannya tidak sesuai harapan, hehehhe.
Baca Juga:
Iklan

7 Responses to Div. Humas Mabes POLRI: Mengetahui Anggota Polri Kasar/Melanggar Hukum, LAPORKAN!

  1. one08 berkata:

    beneran nih ditindaklanjuti? soale biasanya kalau jeruk minum jeruk jadi kecut 😀

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: