TMII Apa Kabarmu Kini?!


image

Hmm…
Siapa yang ga kenal Taman Mini Indonesia Indah (TMII)?!. TMII merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia. Kawasan ini menempati area seluas kurang lebih 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi.

image

Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 27 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah ber-arsitektur tradisional, seta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. Selain itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), serta berbagai sarana rekreasi.

image

Gagasan pembangunan TMII dicetuskan oleh Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975.
Nah, di era Reformasi ini, TMII seakan-akan tenggelam atau sengaja ditenggelamkan (?). Mungkin TMII dianggap sebagai simbol Orde Baru hingga perlu disingkirkan. Namun, terlepas dari itu semua, TMII tetaplah TMII, apapun yang terjadi, taman ini akan tetap menjadi tujuan wisata. Selama maaih ada oranghorang seperti saya, maka TMII akan selalu ramai.
Entahlah…

*saya belum pernah ke TMII dan pengen ke sana, hehhee

Sumber:
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Taman_Mini_Indonesia_Indah
http://www.tamanmini.com/

Baca Juga:

Iklan

One Response to TMII Apa Kabarmu Kini?!

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: