Potensi konflik pasca Pilpres 2014: Indonesia dalam bahaya!


Hmm…
Pemilihan presiden 2014 telah usai. Namun hiruk pikuknya masih terasa bahkan tidak ada tanda-tanda berkurang. Bagaimana tidak, kedua kandidat sama-sama meng-klaim bahwa mereka pemenangnya. Ini berdasarkan quick count yang dihasilkan lembaga survey.

image

Dengan klaim ini maka Indonesia dalam bahaya. Kok bisa? Dengan klaim ini, maka kedua kandidat berupaya untuk menggiring opini publik. Dan siapa pun yang menang, maka yang kalah (bisa jadi) protes. Karena mereka masing-masing punya data yang mereka yakini benar. Selain itu, pihak yang kalah akan menganggap KPU curang.
Indonesia dalam bahaya.
Apalagi beberapa waktu yang lalu muncul statemen bahwa ‘jika si A kalah maka indonesia akan kacau’, ‘hanya kecurangan yang mampu mengalahkan kita’, dll. Dengan ini maka opini publik sudah tergiring. Hal ini juga diperparah dengan ikut campurnya pihak asing pada pilpres kali ini. Mulai dari dubes AS, jurnalis asing hingga kampanye separatis di Australia ketika hari pencoblosan. Kejadian-kejadian ini makin menyiratkan bahwa Indonesia dalam bahaya. Ada urusan apa pihak asing dengan pilpres 2014 ini? Kok sepertinya ada yang memanfaatkan keadaan ini. Mirip dengan taktik Raden Wijaya untuk mengalahkan Jayakatwang dengan meminta bantuan Mongol. Setelah Jayakatwang kalah, Mongol pun diserang. Dan akhirnya Raden Wijayalah pemenangnya.
Indonesia dalam Bahaya.
Saya yakin siapapun pemenangnya, selisihnya sangat sedikit. Ini makin menegaskan bahwa terdapat potensi konflik dalam pilpres ini.
Seharusnya dua belah pihak mampu menahan diri dan menunggu hasil real count KPU. Seharusnya 2 belah pihak mampu menjadi negarawan yang baik dengan meredam massa masing-masing.
Semoga badai ini cepat berlalu. Demi Indonesia yang lebih baik.

Baca Juga:

Iklan

7 Responses to Potensi konflik pasca Pilpres 2014: Indonesia dalam bahaya!

  1. mas huda berkata:

    Waspada….

    Suka

  2. Yang penting kita tetap bersatu 😀

    Suka

  3. mikitriwijayanto berkata:

    Bisa dilihat sendiri sekarang kaya gmn

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: