Langgar lalu lintas, Bripka Edi dapat Reward


Hmm…

Langgar lalu lintas terima reward? kok bisaaaa……?

Beberapa hari yang lalu, disebuah forum fb yang saya ikuti, ada member yang mengunggah sebuah foto mobil patroli polisi yang melanggar rambu lalu lintas. Ternyata itu terjadi di Jember.
image

Berikut ini kronologis kejadiannya sesuai dengan keterangan di fp Divisi Humas Mabes Polri. Saat sedang bertugas, Bripka Edi Purwanto anggota Polsek Wates, Polres Jember mendapati kecelakaan lalu lintas tunggal, melihat kejadian tersebut dengan sigap Bripka Edi segera monolong Korban Laka Lantas tunggal yang mengalami luka berat tersebut. Dalam perjalananya kerumah sakit, dengan mempertimbangkan keselamatan nyawa seseorang yang mengalami luka berat Bripka Edi melanggar rambu lalu lintas dengan memutar balik pada tanda larangan. 
Kejadian itu diabadikan oleh masyarakat kemudian dijadikan Display Picture (DP) Blackberry Messanger (BBM) sebagai bentuk protes. Kejadian ini juga ramai mewarnai pemberitaan lokal termasuk Media Sosial. Saat dikonfimasi oleh wartawan, Kapolres Jember AKBP M. Sabilul Alif, SH.,S.IK meminta waktu untuk mengkonfirmasi kejadian tersebut kepada anggotanya, dengan santun Kapolres juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat.
Setelah dilakukan konfirmasi ternyata anggota tersebut sedang melaksanakan tindakan Diskresi Kepolisian. Dimana anggota tersebut membelokkan mobil Dinas pada tanda larang dikarenakan dalam kondisi Emergensi membawa korban laka lantas tunggal di Jalan Gajah Mada yang mengalami luka berat dan harus segera mendapatkan pertolongan Medis untuk menyelamatkan nyawanya.

Atas dasar tindakan yang diambil tersebut maka pada hari Jum’at tanggal 26 Desember 2014 lalu bertempat di Polsek Kaliwates Kapolres Jember AKBP M. Sabilul Alif, SH.,S.IK. yang didampingi Kapolsek Kaliwates Kompol Nurmala Rambe,S.IK. memberikan Reward kepada anggota Polsek Kaliwates Bripka Edi Purwanto tersebut.
Tindakan Diskresi Kepolisian telah diatur pasal 18 UU RI No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI yang menyatakan bahwa : 
1) Untuk kepentingan umum pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya dapat bertindak menurut penilaiannya sendiri;
2) Pelaksanaan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) hanya dapat dilakukan dalam keadaan yang sangat perlu dengan memperhatikan peraturan perundangundangan, serta Kode Etik Profesi Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Atas kejadian ini, Polri menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang ikut berperan aktif mengawasi kinerja anggota Polri dilapangan. Kejadian ini membuktikan bahwa Polri sangat dicintai oleh masyarakat, sehingga masyarakat tidak ingin Polri melakukan pelanggaran yang dapat merusak citra baik Polri dimata Masyarakat.

Polri selalu siap untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, salah satu contohnya adalah dengan melaksanakan Tindakan Diskresi Kepolisian seperti yang dilakukan oleh Bripka Edi Purwanto.
Ternyata, tidak semua polisi yang melakukan pelanggaran dilakukan untuk kepentingan pribadi. Namun, adakalanya itu dilakukan untuk kepentingan masyarakat banyak. Good job Bripka Edi Purwanto.

Baca juga:

Posted from WordPress for Android

Iklan

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: