Gejala dan penyebab utama rem blong


Hmm…
Banyak lakalantas yang disebabkan oleh rem blong. Piranti ini sangatlah berguna karena tugasnya untuk menghentikan laju kendaraan. Apalagi saat ini musim hujan, genangan air bercampur lumpur kombinasi pas untuk membuat jalan licin.

image

Lantas apa penyebab rem blong? Menurut detikOto, ada empat penyebab utama, yakni:

Pertama piston dan kanvas rem telah aus karena faktor usia.
Kedua, selang minyak rem yang tersumbat.
Ketiga, sil piston master aus. Ada beberapa penyebab selain faktor usia, yakni kualitas minyak rem yang sudah tak bagus karena telah basi atau karena terkontaminasi akibat sering membuka tutup tabung minyak.
Empat, faktor suhu juga berpengaruh ke kualitas minyak rem. Minyak yang telah berubah dari kondisi yang semestinya sangat berpengaruh terhadap daya tekan saat dilakukan pengereman.

Itu adalah 4 faktor penyebab rem blong. Nah, bagaimnakah gejala rem blong? Bukankah antisipasi lebih baik bukan?! Berikut adalah gejala-gejala akan terjadinya kemacetan pada sistem rem kendaraan kita.

1. Pedal rem terasa ringan. Kondisi seperti ini dapat terjadi karena sepatur rem sudah tipis. Atau jarak antara sepatu dengan tromol sudah terlalu jauh. Namun, dapat diduga pula bila di dalam sluran pengereman terdapat angin yang harus segera dibuang.

2. Ada efek buang. Saat dilakukan pengereman, posisi kendaraan membuang ke kiri atau ke kanan. Bila hal ini terjadi, maka dapat dipastikan ada setelan tinggi rendah sepatu rem yang tidak sama. Bisa terjadi juga adanya kebocoran pada salah satu silinder roda.

3. Rem bergetar. Kondisi seperti ini bisa terjadi karena sepatu rem mengeras, kena minyak pelumas atau gemuk. Bila ini yang terjadi, maka sepatu rem dapat dicuci dengan sabun dan dikeringkan.

4. Pedal rem keras. Keras yang dimaksud ini tidak disertai dengan efek pengereman yang baik. Dengan demikian, dapat dipastikan ada beberapa bagian dalam sistem pengereman yang tidak beres. Seperti sepatu rem yang terkena pelumas, slinder roda mengalami kemacetan dan ada slang vacum yang pecah. Namun harus diperiksa pula kondisi pipa-pipa rem. Bisa terjadi bagian yang menyalurkan tekanan angin itu tersumbat.

5. Ada suara gesekan. Bila sumber suara ada di depan, maka dapat dipastikan adanya pergeseran indikator ketebalan brake pad. Sedang munculnya suara dari belakang dikarenakan kondisi sepatu rem yang sudah harus diganti. Tindakan paling aman adalah menggantinya dengan yang masih baru.  

Itulah beberapa gejala akan terjadinya rem blong. Bagi rekan-rekan pembaca yang merasakan gejala seperti di atas, segera lakukan pengecekan pada piranti pengereman kendaraan anda.

Sumber :
1. klik DI SINI
2. Klik DI SINI

Baca juga:

contact me:
email : ahmad.maulidi@gmail.com
twitter : @kang_ulid
fb : https://www.facebook.com/ahmad.maulidi.xcders.dbmc

Iklan

One Response to Gejala dan penyebab utama rem blong

  1. […] Masih seputaran rem. Melanjutkan artikel sebelumnya tentang gejala dan penyebab remblong. Kali ini kkita akan membahas tentang apa yang harus dilakukan ketika rem blong. Maksudnya ketika […]

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: