Batu Tiger Eye: kilau-kemilau fosil kayu


Hmm…
Masih seputaran batu akik. Kali ini kita akan membahas batu widuri spa (biduri sepah; tiger eye). Batu jenis ini pertama kali saya ketahui dari koleksi seorang teman. Pada awalnya kami menduga bahwa batu itu masuk jenis cat eye. Setelah konsultasi ke teman yang lebih ahli, ternyata batu itu masuk dalambkategori tiger eye. Belakangan kami juga dapat informasi bahwa sebenarnya tiger eye itu mempunyai nama lain yaitu batu bulu macan (?!).

image


Batu ini berwarna hitam kecoklat dengan ciri khas balutan sepah kuning yang memang mirip dengan sorotan kilau mata harimau. Di Indonesia sendiri batu permata akik ini di beri nama dengan batu biduri sepah, ada banyak jenis biduri, seperti biduri laut, biduri bulan dan lainnya, di katakan sepah mungkin karena kilauan efek khas batu seperti sepah serat tebu,  jika di lihat dari berbagai sisi bergantian warna kilau akan terlihat.makanya di beri nama nama tyger eye. hampir sama dengan mata harimau jika terkena cahaya lampu atau sinar matahari.
Batu Biduri Sepah diberi julukan seperti itu mungkin karena mengacu pada struktur mineralnya yang berserat (asbes) sehingga sepintas terlihat seperti sepah-tebu. Jadi berbeda persepsi orang Inggris yang menamakannya mata-macan (tiger’s eye), mungkin karena melihat efek indexnya yang mirip mata-kucing. Batu ini sebenarnya adalah fosil kayu. Dan serat kayu inilah yang membuatnya berkilau membentuk mata harimau.
Adapun harga dipasaran masih berkisar antara 300 ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung kesepakatan penjual dan pembeli.

Baca juga:

Iklan

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: