Cutting agate model Cabochon: laki banget!


Hmm…
Mengenal model cutting agate/akik penting untuk kolektor akik apalagi dia mem-proses sendiri. Kesesuain antara bahan, jenis batu dan model cutting bisa menjadikan sebuah agate sebagai mahakarya indah. Salah satu model paling umum dari model agate adalah Cabochon.

Cabochon berasal dari bahasa Perancis caboche (kepala), sebutan ini digunakan pada batu permata yang telah dibentuk dan dipoles sehingga bentuknya membulat. Bentuk yang dihasilkan biasanya adalah setengah lingkaran dengan bagian bawahnya rata. Pemotongan cabochon biasanya digunakan pada permata yang mempunyai warna. Contohnya seperti Star Safir (dengan efek asternya) dan batu chrysoberyl chatoyancy seperti mata kucing.
image

Cutting bentuk cabochon ini biasanya diaplikasikan pada jenis batuan yang buram, semacam batu-batuan semacam opal , pirus , onyx , moonstone, jenis druzy dari pacitan, dan lain sebagainya. Sementara faceting diterapkan justru pada batuan yang transparan atau bening. Faceting merupakan teknik pemotongan batuan yang memiliki ujung lancip. Secara lebih jelas dapat dilihat sebagaimana berikut ini.
Keuntungan dari bentuk cabochon ini bisa terlihat jelas pada batuan jenis matakucing/cat eyes atau tiger eye. Bentuk cembung ini akan membantu kita mengenali bintang atau mata yang biasanya susah untuk dikenali apabila dibentuk faceting.
Nah, itu sekilas tentang cutting agate model cabochon. Semoga berguna.

Baca juga:

Iklan

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: