Beberapa saat Sebelum Berpetualang


Hmm…

Jam menunjukkan pukul 00.10 WIB tanggal 03 Maret 2019. Kami, rombongan PPPPTK PKn & IPS yang menuju ke Melbourne, Australia, telah berkumpul di lobi hotel. Setelah pengecekan terakhir, berdoa bersama, kami pun mulai masuk ke bus yang akan mengantar ke Bandara Soekarno-Hatta.

Setelah semua masuk ke dalam bus, perjalanan pun dimulai. Ada rasa haru di dada. Ini pertama kali saya akan meninggalkan Indonesia. Ada rasa haru, mengingat siapa saya kok sampai diberi kesempatan oleh PPPPTK PKn & IPS. Rasa haru makin membuncah melihat dari jendela bus, ketika 2 pejabat PPPPTK PKn & IPS melambaikan tangan. Kami tahu, bagaimana perjuangan beliau agar kami semua bisa diberangkatkan ke Australia. Bahkan sampai detik-detik terakhir, pre departure, ada ijin peserta yang belum turun (salah satunya saya). Oleh karenanya, saya pribadi (mungkin juga mewakili rombongan) amat sangat berterima kasih atas kesempatan ini.

Bus terus merayap di jalanan ibukota. Suasana yang awalnya hening dengan pikirannya masing-masing. makin lama, makin meriah. Obrolan dan candaan terus terdengar.

Setibanya di bandara Soekarno-Hatta, kembali kami koordinasi serta memeriksa barang bawaan. Setelah lengkap, rombongan memasuki pintu bandara.

Sesampainya di dalam, kami menunggu untuk proses tiket dan bagasi. Nah, ketika proses menunggu ini ada kejadian menghebohkan.

Kami semua harus bergegas ke gate 4 (kalo tidak salah). Ternyata ada satu peserta yang ijin ke kamar mandi, namun sampai lebih dari 15 menit tidak kunjung kembali. Teman lain yang dititipi barang bawaannya mulai bingung. Mau memeriksa ke toilet, lah dia laki-laki, sementara yang hilang adalah perempuan. Di telpon, tidak diangkat. Semua rombongan mulai heboh. Sekitar 5 menit kemudian, si ibu datang dengan penuh kesyahduan. Ternyata setelah dari toilet, dia langsung ke mushola. Dan tanpa kofirmasi kepada teman lainnya. Ampun dah!

Perjalanan lanjut ke Singapura (karena rute penerbangan kami adalah Jakarta-Singapura, ganti pesawat, Singapura-Melbourne).

*Clayton North, Vic

** 08 Maret 2019

Iklan

2 Responses to Beberapa saat Sebelum Berpetualang

  1. ulidblog.com berkata:

    […] Jakarta – Singapura, ganti pesawat, lanjut Singapura – Melbourne. Dari keluar hotel di Jakarta, terbilang lebih dari 24 jam perjalanan ini. Hampir tengah malam kami tiba di Melbourne. Kesan pertama memasuki bandara ini adalah rapi, bersih, tertib, disiplin, pelayanannya memuaskan. Di pintu keluar, beberapa teman kena ‘random’ (pengecekan secara acak karena kami rombongan. Tujuan dari ‘random’ ini adalah menyesuaikan data-data saja. Tidak ribet dan prosesnya cepat. […]

    Suka

  2. […] Jakarta – Singapura, ganti pesawat, lanjut Singapura – Melbourne. Dari keluar hotel di Jakarta, terbilang lebih dari 24 jam perjalanan ini. Hampir tengah malam kami tiba di Melbourne. Kesan pertama memasuki bandara ini adalah rapi, bersih, tertib, disiplin, pelayanannya memuaskan. Di pintu keluar, beberapa teman kena ‘random’ (pengecekan secara acak karena kami rombongan. Tujuan dari ‘random’ ini adalah menyesuaikan data-data saja. Tidak ribet dan prosesnya cepat. […]

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: