Selalu ada ruang dalam berlalu lintas


Hmm…

Banyak hal yang saya amati di Melbourne, Australia. Banyak hal menarik, berbeda dari dimana saya tinggal selama ini dan besar kemungkinan bisa dilakukan di sana. Kali ini berkaitan dengan lalu lintas.

Jika berbicara tentang jenis mobil, di sini luar biasa bervariatif. Jika berbicara tentang motor, bahkan tukang batu pun sehari-hari pakai Harley. Jika berbicara harga kendaraan, sangat murah, bahkan jika di rupiahkan sekalipun masih terbilang murah. Kita tidak berbicara itu.

Lalu lintas di sini terbilang ramai. Paling banyak diisi oleh roda 4 ke atas. sementara roda 2 hanya melintas sesekali saja. Transportasi publik juga sangat bergairah. Bus, Kereta Api dan Trem selalu datang ‘on time’ dan bisa dipastikan banyak penumpangnya. Kenyamanannya luar biasa.

Di samping itu semua, ketika lampu merah menyala, selalu ada ruang diantara kendaraan. Berbeda dengan dimana saya tinggal, dimana ketika lampu merah menyala, kendaraan satu dengan yang lainnya berdempetan hampir tidak ada jarak. Kendaraan depan dengan belakang, bahkan dengan samping sangat ‘mepet’.

Ketika melihat di sini sebegitu tertibnya, terbersit di hati ini ‘oh, seandainya di tempat saya hidup bisa seperti ini, alangkah indahnya’.

Kedisiplinan dan kerapian berkendara ini menunjukkan bahwa masyarakat Melbourne (mungkin juga seluruh masyarakat Australia) sangat menghargai hidup. Mereka selalu mengantisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diingankan. Misalnya, jika terlalu mepet, kemudian terjadi sesuatu dengan kendaraan di depan, maka yang dibelakangnya masih ada cukup ruang untuk melakukan tindakan.

oh, seandainya di tempat saya hidup bisa seperti ini, alangkah indahnya’.

*Clayton North, Vic

** 11 Maret 2019

Iklan

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: