Historical Inquiry & Ikatan Sesama Pengajar Sejarah


Pengalaman luar biasa diberikan oleh Dr. Rosalie Triolo terkait aplikasi pembelajaran HOTS terutama untuk mapel Sejarah. Beliau menggunakan metode yg terbilang sederhana namun menantang, dan masuk dlm pembelajaran HOTS.

Setidaknya ada 3 skenario pembelajaran HOTS yang dipraktikkan, antara lain:

Skenario Pembelajaran 1:

Beliau memberi artikel berbahasa Italy, dan kita diminta menjawab pertanyaan yg juga berbahasa Italia. Layaknya seorang detektif, kami menginvestigasi berdasarkan petunjuk yg ada. Mencocokkan antara kata yg kami kenali dg gambar. Walopun kami tidak bisa sama sekali bahasa Italia, namun dengan instruksi-instruksi yang ada, kami bisa mengerjakannya.

Skenario Pembelajaran 2:

Selanjutnya, masing-masing kelompok diberi amplop yang berisi 12 gambar. Kami diminta untuk membahas ke-12 gambar tersebut dan setelah waktu habis, dipresentasikan.

Kelompok kami, semuanya adalah pengajar sejarah. Jadi, secara insting, kami langsung membuat ‘time-line’ atas gambar-gambar tersebut. Setelah tersusun, kami mencari penjelasan-penjelasan serta alasan-alasan, mengapa gambar tersebut ada di urutannya.

Ketika kami membahas, Dr. Rosalie ikut nimbrung. Secara insting pula, kami membahas peristiwa sejarah terkait gambar-gambar tersebut. Bahkan, beliau sempat mengoreksi time-line yang kami buat. Lama-lama, beliau sadar jika kami sedang mengerjakan tugas. Akhirnya dengan tertawa beliau pergi. Hehehe.

Begitulah, sesama pengajar sejarah mempunyai ikatan kuat, walaupun terkendala bahasa sih. Apalagi setelah kami sampaikan bahwa Sejarah Australia menjadi mata kuliah wajib kami. Beliau terkejut sekaligus senang mendengar info itu.

Skenario Pembelajaran 3
Selanjutnya kami diberi artikel lain yg berisi ttg Sukuthai kuno di Thailand. Kembali kita disuruh menginvestigasi berdasarkan petunjuk2 yg diberikan.

Kelompok kami mendapat pertanyaan tentang bagaimana cara sukuthai kuno mempertahankan diri? Petunjuk-petunjuk dibuka secara bertahap. Awal kami hanya boleh melihat beberapa halaman yang berisi peta, denah, gambar dan semacam prasasti. Petunjuk berikutnya yang dibuka, selain gambar sudah ada petunjuk tulisan. Petunjuk terakhir, makin memperjelas gambaran jawabannya.

Setelah waktu yang ditentukan habis, kami diminta untuk presentasi jawaban kami.

sebenarnya ada skenario pembelajaran lainnya, namun tidak saya tulisakan di sini, hehehhee.

Intinya, pembelajaran tadi sangat bisa dilakukan di Indonesia. Tidak hanya untuk mapel Sejarah, namun bisa untuk semua mapel.
O iya, Dr. Rosalie Triolo adl Presiden asosiasi pengajar sejarah Victoria yg sekaligus Wakil Presiden asosiasi pengajar sejarah Australia.

*Clayton North, Vic

**14 Maret 2019

Iklan

2 Responses to Historical Inquiry & Ikatan Sesama Pengajar Sejarah

  1. Karis berkata:

    horeee… blog sudah bangun

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: