Saatnya kita berkemas-kemas


Tak terasa, hampir 3 pekan kami berada di negeri ini. Satu negeri yang besar, terutama dari segi luas wilayahnya. Bagaimana tidak, negeri ini meliputi satu benua. Negeri ini, khas dengan hewan kanguru. Negeri ini bernama Australia.

Tak terbayangkan sebelumnya, bahwa saya akan menginjakkan kaki ke negeri ini. Dalam mimpi pun tidak. Namun, jika Tuhan telah menetapkan, segala pasti terjadi. seperti mimpi, tiba-tiba dihubungi untuk mengikuti pelatihan di luar negeri. Semua terjadi tiba-tiba. Terima kasih PPPPTK PKn & IPS yang telah memberi kesempatan ini.

Diawali dengan pre departure di Hotel Ibis Jakarta, perjalanan panjang dimulai. Dalam hampir 24 jam kami berada di atas kendaraan. Tengah malam keluar hotel. Terbang ke Singapura. Transit. Terbang lagi menuju Melbourne. Dan tiba di Quest Notting Hill Apartement pada jam 3 dini hari keesokan harinya. Semua terjadi dengan tiba-tiba.

Dihari yang sama, siang harinya, kami harus sudah berada di Monash University untuk mengikuti kegiatan. Beruntung, minggu pertama adalah tahap pemanasan. Materi kebanyakan diisi oleh rekan-rekan mahasiswa Indonesia. Keuntungannya adalah kami tidak kaget dengan pola pelatihan di sini.

Mbak Ami, salah satu pemateri

Minggu kedua, dimulailah acara inti. Pelatihan yang sehari-hari dibimbing oleh para ahli. Sungguh suatu kehormatan bisa bersua Prof. Gillian, Dr. Hazel Tan, Dr. Roland, dan orang-orang hebat lainnya. Dan yang tak kalah hebatnya adalah Mas Hakim dan Mbak Nurul selaku translator kami. Tanpa mereka, mungkin materi yang masuk hanya 40-50%. Serta Pak Agus sebagai penanggung jawab kegiatan di sini.

maafkan kami yg usil ini, hehehe

Hari-hari kami isi dengan berlatih. Dan memang benar-benar berlatih untuk pembelajaran HOTS. sekali lagi, benar-benar berlatih loh. Tiap pemateri menjelaskan hanya sekitar 20-30%, selebihnya kami dituntut untuk melakukan pembelajaran dan berpikir secara HOTS. Tantangan-tantangan yang buat pemateri amat sangat membuat kami bergairah. Semua panca indera dan bagian otak kami, dituntuk untuk bekerja dengan maksimal. Luar biasa.

Dan, malam ini adalah malam terakhir kami berada di apartement. Atau berarti besok adalah kegiatan terakhir kami di Monash University. Agendanya adalah presentasi dan penutupan. Selanjutnya, sekitar jam 9 malam kami harus sudah menuju bandara.

Saya yakin, 32 peserta diklat ini merasakan senang sekaligus haru. senang karena akan kembali ke Indonesia dan mengikuti kegiatan terakhir kami yaitu post departure. Sedih, karena akan berpisah dengan orang-orang hebat di sini.

seperti tadi, ketika Dr. Roland mengatakan bahwa besok dia tidak bisa mengikuti acara penutupan. Artinya, tadi adalah perpisahan kami dengan beliau. Mengharukan. Perpisahan sederhana kami lakukan di Melbourne Zoo. Beliau berkata, “kalian adalah guru-guru yang hebat, pasti murid-murid kalian akan mendapatkan sesuatu yang hebat pula”. Entah kapan kami akan bersua kembali dengan Dr. Roland.

Ini akan menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan.

Foto perpisahn dengan Dr. Roland

Ketika, tulisan ini diketik, jam menunjukkan pukul 01:10 waktu Melbourne. Saya yakin rekan-rekan disini sudah istirahat, dan berharap agar waktu cepat berlalu hingga bisa segera bersua dengan keluarga.

*Clayton North

** 22 Maret 2019

Iklan

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: