dari Pendidik Pancasila hingga Konsistensi

29/02/2020

Hmm…

Sekarang tgl 29 Februari 2020. Tanggal yang akan kembali 4 tahun lagi. Seringkali saya guyon, bahwa jika seseorang lahir di tanggal ini maka ultahnya 4 tahun sekali. Hehehe.

Berhubung unik, maka saya paksakan tuk meninggakkan jejak di sini. Padahal sudah lama tidak posting sesuatu di sini. Ya hitung-hitung melatih kembali kemampuan menulis.

Baca entri selengkapnya »


Catatan Kecil Persamuhan Pancasila

06/12/2019

Persamuhan Pancasila.

Istilah persamuhan memang belum familiar di telinga. Dalam KKBI Online, kata samuh/sa·muh/persamuhan/per·sa·muh·an/ n pertemuan (persidangan, kongres) untuk membahas sesuatu. Berarti jika digabung, maka arti Persamuhan Pancasila adalah pertemuan (persidangan, kongres) untuk membahas Pancasila. Maknanya, kegiatan ini dari awal sampai akhir disetting untuk membahas segala sesuatu tentang Pancasila. Termasuk pula pembiasaan nilai-nilai Pancasila. Kegiatan ini sendiri berlangsung di Hotel Shangri-La Surabaya, 29 November – 2 Desember 2019.

Berikut adalah catatan-catatan yang diambil dari laman fb saya.

persamuhan Pancasila 2019  Baca entri selengkapnya »


Ternyata saya belum bisa menulis

10/04/2019

Ternyata saya belum bisa menulis.

Dua minggu terakhir ini, saya ada proyek menulis rame-rame. Dengan semangat 45, ku mulai menulis. Sebelumnya, sudah kupersiapkan konsepnya. Di kepala penuh dengan konsep-konsep, kerangka tulisan. Buka laptop. Judul sengaja belum ditulis. Apa kata nanti aja. Paragraf pertama sesuai konsep. Paragraf kedua sesuai konsep. Paragraf ketiga, waduh mulai terhenti. Semua yang di kepala lari entah ke mana. Terhenti semenit, sejam, sehari hingga berhari-hari. Gawat nih. Padahal deadline makin dekat. Hanya 2 minggu saja. Ampun dah.

Baca entri selengkapnya »


Balada Gado-gado: sebuah kisah gado-gado

06/04/2019

Gado-gado.

Merupakan makanan khas dari Betawi. Campuran antara lontong, kecambah, tahu, telor, sayuran, kentang, dan emping mlinjo yang dibaluri bumbu kacang. Yummi. Betapa makanan ini menggugah selera.

Setelah dua minggu berada di Melbourne, akhirnya saya menemukan makanan ini. Berada di sebuah warung di dekat Queen Victoria Market. Dan saya tidak perlu menjelaskan lebih lanjut, mengapa berada di Queen Victoria Market, hehehhe.

Baca entri selengkapnya »


Dari Taksonomi Bloom ke TBRA.

05/04/2019

Ada hal menarik yang baru saya ketahui ketika mengikuti short course di Monash University yaitu Anderson adalah murid dari Bloom. Ampun dah, saya benar-benar kuper. Masak, hal se-mendasar ini baru disadari. Jauh-jauh ke negeri kanguru hanya untuk tau bahwa Anderson adalah murid bloom.

Namun, iu benar adanya. Saya baru tahu ketika di sana. Ketika ikut short course di Monash University. Saya ga mau menutup-nutupi hal itu. Lah, memang sebelumnya ga tau kok. Ya, Alhamdulillah sekarang sudah tahu. Hehehe.

Baca entri selengkapnya »


Soal HOTS atau Pembelajaran HOTS, dimulai dari mana?

04/04/2019

Sekitar 2 tahun terakhir, jagad pendidikan Indonesia dihebohkan oleh sesuatu nernama Higher Order Thinkings Skills atau biasa disebut HOTS. Berbasis pada taksonomi Bloom (yang kemudian diperbaharui poleh Anderson). Tingkat berpikir dibagi ke dalam 6 tingkatan. Mulai dari Remembering, Understand, apply, Analyse, evaluate dan create (untuk mudah dikenal dengan sebutan C1, C2, C3, C4, C5, C6). Nah, HOTS berada di ranah C4, C5 dan C6 (walaupun sekarang saya sadar bahwa HOTS juga dipengaruhi oleh levels of knowledge, suatu saat saya bahas juga, hehhe).

Baca entri selengkapnya »


Senja Itu Begitu menawan: part 2, Habis.

29/03/2019

Tak terasa, waktu menunjukkan sekitar pukul 17.00 (waktu Melbourne). Kami pun beranjak pulang menuju apartement.

Penghuni kamar 310, berjalan beriringan. Yup, berjalan kaki. Jaraknya hanya sekitar 1,9 km kok. Kami sudah terbiasa untuk itu. Tepatnya membiasakan diri dengan pola hidup masyarakat Melbourne. Jalan kaki adalah salah satu bagiannya. Baca entri selengkapnya »


%d blogger menyukai ini: