Tips Mengatasi Mogok Ala Kang_Ulid


Hmm…

Namanya biker, pasti pernah mengalami mogok. Entah karena hujan, banjir, mesin ambrol, kehabisan bensin atau ban bocor. Menyebalkan memang. Mogok bisa mengacaukan semua rencana yang telah kita susun.  Panik bahkan mungkin putus asa yang dirasakan

Kadang beberapa biker tidak dapat menguasai keadaan ini. Marah-marah, ngomel-ngomel. Padahal itu tidak berguna.

Nah, pada kesempatan ini, kang_ulid ingin berbagi tips mengatasi tunggangan yang mogok.

Tips nya antara lain

1. Jangan panik!

Kebanyakan biker akan panik ketika mengalami kendaraan mogok. Padahal semakin kita panik, maka semakin masalah tidak akan terselesaikan. Ketika kita membangun suasana panik, semua akan menjadi lebiih kacau.

Kadang, padahal penyebab utamanya gara2 kehabisan bensin, berhubung panik, malah bongkar busi dan ngecek pengapian. Hadew!

Begitu mogok, menepilah dan istirahat sejenak. Bagi yang merokok, silahkan merokok, dan bagi yang tidak merokok, silahkan ngapain gitu, hehehe. Pasti semuanya akan lebih baik.

So, don’t panic… dan kuasailah keadaan.

2. Diagnosis kendaraan

Setelah kita dapat kuasai keadaan, langkah berikutnya adalah mulai mendiagnosis penyebab kendaraan mogok. Cek kendaraan. Jika ada kick starter, coba diselah. Ada gejala ngempos ga?? Kira2 suaranya seperti kehabisan bensin ga?!

Setelah istirahat sejenak, diagnosis pertama adalah cek bensin, atau jika motor batangan, seringkali mogok diakibatkan oleh motor terlalu lama parkir dibawah terik matahari. Ini terjadi jika sirkulasi di tutup tanki tidak lancar. Jika kehabisan bensin, beli bensin donk, hehehe… dan jika karena dijemur maka buka tutup tanki beberapa lama kemudian tutup kembali. Tes nyala ga motornya.

Jika belum menyala, cek busi. Bersih ga, ada apinya ato ga ada. Jika kotor, cukup dibersihkan. Dan jika setelah dites tidak ada percikan api, maka beli busi baru.

Jika belum nyala. Segera hubungi bengkel terdekat, hehehe..
Intinya adalah Lakukan apa yang bisa dilakukan.

Sekian dulu tips mengatasi mogok ala kang_ulid. Jika ada yang mau menambahi, silahkan ditambahkan. Okay!!!

 

11 Responses to Tips Mengatasi Mogok Ala Kang_Ulid

  1. Dr.Feelgood berkata:

    mantap tipsnya gan, motor saya cuma pernah mogok 1 kali, itupun karena dipaksain menerjang banjir, klo gk dipaksain gk bisa pulang kerumah 😦 . tapi akhirnya motor bisa hidup lagi setelah semua air yang masuk knalpot dibuang dlu sedikit.

    Suka

  2. setia1heri berkata:

    klo pulsar bisa dicoba tips berikut 😀

    Tips bagi Pulsar mogok…

    Suka

  3. gesang86 berkata:

    Jadi tetap waspada.. 😀

    Suka

Silahkan Komen