Hmm…
Knalpot merupakan salah satu part motor yang paling sering mendapat ubahan dari pemiliknya. Banyak pemilik motor yang mengganti knalpotnya. Entah karena mengejar tampilan ataupun mengharapkan peningkatan performa.
Menyadari hal ini, banyak sekali produsen knalpot bermunculan, mulai dari produsen knalpot rumahan hingga sekelas pabrikan. Tapi bagaimanakah kualitas knalpot buatan mereka?!
Untuk mengetahui hal itu, Otomotifnet melakukan pengujian 4 macam jenis knalpot dengan batasan-batasan berikut ini:
- Motor yang digunakan adalah Pulsar 200 NS
- Merk knalpot yang diujikan adalah CLD, Jet Up, SKR dan RX8
- Kondisi standar sebelum aplikasi knalpot aftermarket, power puncaknya 22,30 dk/9.900 rpm dan torsi maksimalnya 17,21 Nm/8.400 rpm
Hasilnya seperti uraian berikut ini:
1. RX8.
Hasil tes menunjukkan power maksimalnya 22,33 dk/9.900 rpm dan torsinya 17,62 Nm/8.200 rpm. Tenaga mulai meningkat di putaran mesin 7.200 rpm hingga 8.900 rpm. Penambahan powernya 0,03 dk dan torsi nambah 0,41 Nm.
2. Jet Up
Power puncaknya 22,38 dk/9.800 rpm dan torsinya 17,94 Nm/8.100 rpm. Dari grafik, tenaga mulai meningkat dari putaran mesin 6.800 rpm hingga 9.800 rpm. Peningkatan powernya 0,08 dk dan torsinya 0,73 Nm.
3. CLD
Hasil dyno, power maksimalnya 22,37 dk/9.800 rpm dan tosi puncak 17,87 Nm/8.100 rpm. Ada kenaikan power 0,07 dk dan torsinya 0,66 Nm. Power dan torsi mulai naik dari putaran mesin 6.800 rpm – 9.800 rpm.
4. SKR
Dari hasil tes terlihat power puncaknya tercatat 22,33 dk/9.700 rpm dan torsinya 17,64 Nm/8.100 rpm. Powernya hanya bertambah 0,03 dk dan torsinya 0,45 Nm. Dari grafik terlihat power dan torsinya meningkat di putaran menengah, yakni dari putaran mesin 700 rpm – 9.000 rpm.
Monggo disimpulkan sendiri, hehehhe…
Nah, hasil ini juga bisa dijadikan acuan para pengguna P200NS ketika akan mengganti knalpotnya.
Artikel Terkait:
- P200NS pake Velg Jari-Jari Tapak Lebar: Makin kekar bro!
- Akhir Kisah Kawasaki – Bajaj P200NS
- Tidak Ada Lagi Tulisan Bajaj & Pulsar di Tanki P200NS: Inisiatif Dealer Atau Ada Apa Ini?!
- [DOWNLOAD] Manual Book P200NS
- Komparasi 4 Knalpot After Market Untuk P200NS
- Inilah Alasan Mengapa Pulsar 200 NS Baru Muncul di website Resmi KMI!
- Part Substitusi Kampas kopling Pulsar 200 NS
- Akhirnya, Menyicipi Sensasi P200ns: Mantab Abissss…!
- Pulsar 200 ns: Pendatang Baru, Komunitasnya Mulai Bermunculan
- Apa!!! Cat Knalpot P200ns Mengelupas??!
Peningkatan tenaganya sangat sedikit, jadi knalpot yang original pabrik udah disesuaikan dengan kemampuan maksimal mesinnya
SukaSuka
testnya kurang puas.. harusnya ada juga test pake knalpot sekelas akaprovic, scorpion, r9, semoga artikel diupdate setelah pake knalpot kayak itu tadi 😀
SukaSuka
Nunggu donatur….
SukaSuka
Kalo ane ga perlu di daur ulang, cukup pakai saja plat yg udah mati. Toh pak pol juga paham klo stok plat lg kosong.
#pengalaman 2 bulan kemana-mana dgn plat koit
SukaSuka
sipppp…
SukaSuka
nah ikut nyimak dulu deh
SukaSuka