Hmm…
Siapa yang tidak jengkel jika kendaraan tersayang terkena karat?!. Menurut wikipedia, karat atau korosi adalah kerusakan atau degradasi logam akibat reaksi redoks antara suatu logam dengan berbagai zat di lingkungannya yang menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak dikehendaki.
Pada peristiwa korosi, logam mengalami oksidasi, sedangkan oksigen (udara) mengalami reduksi. Karat logam umumnya adalah berupa oksida atau karbonat. Rumus kimia karat besi adalah Fe2O3.nH2O, suatu zat padat yang berwarna coklat-merah.
Korosi merupakan proses elektrokimia. Pada korosi besi, bagian tertentu dari besi itu berlaku sebagai anode, di mana besi mengalami oksidasi.
Fe(s) Fe2+(aq) + 2e
Elektron yang dibebaskan di anode mengalir ke bagian lain dari besi itu yang bertindak sebagai katode, di mana oksigen tereduksi.
O2(g) + 4H+(aq) + 4e 2H2O(l)
atau
O2(g) + 2H2O(l) + 4e 4OH-(aq)
Ion besi(II) yang terbentuk pada anode selanjutnya teroksidasi membentuk ion besi(III) yang kemudian membentuk senyawa oksida terhidrasi, yaitu karat besi. Mengenai bagian mana dari besi itu yang bertindak sebagai anode dan bagian mana yang bertindak sebagai katode, bergantung pada berbagai faktor, misalnya zat pengotor, atau perbedaan rapatan logam itu.
Lantas apa yang harus dilakukan ketika kendaraan kita sudah terlanjur berkarat? Gampang, caranya dengan menggunakan karbonasi, alias minuman soda. Dengan siraman zat tersebut, korosi yang menempel akan bereaksi dan kemudian merontokkan sedikit demi sedikit karat yang ada.
Belum percaya?! Mau bukti?! Cekidot video pembuktian berikut ini. Selamat menikmati.
Baca juga:
- Selalu ada ruang dalam berlalu lintas
- Restorasi Mempertahankan Sebuah Nilai
- 11-12 headlamp all new CB150R dengan P200NS
- Suluk Linglung Sunan Kalijaga: pupuh II bait 1-10 (bagian pertama)
- Iklan unik dari Honda
- Hidup adalah perputaran: Al-Quran menegaskan ini
- Jakarta, macet dan pelarangan R2
- Suzuki GT750: motor antik yang beringas
- Rem blong?! Ini yang harus dilakukan
- 2014 in review
contact me:
email : ahmad.maulidi@gmail.com
twitter : @kang_ulid
fb : https://www.facebook.com/ahmad.maulidi.xcders.dbmc
wow mantap mas ulid
http://warungasep.net/2015/01/15/honda-vario-150-dan-vario-125-resmi-diliris-desain-sama-tapi-apa-saja-perbedaannya/
SukaSuka
wah… ngeri!!! 😯
untung udah gak pernah minum air bersoda
SukaSuka
ijin share mas…
SukaSuka
Monggo
SukaSuka
Reblogged this on Black Cat's blog.
SukaSuka
tau jajal buat cover knalpot nmp . ga ilang ….
SukaSuka
Bisa dicoba di kendaraan tua saya ini. Mungkin bisa dikuas ya kalau bagian bawah mobil? terima kasih infonya.
SukaSuka