Cara murah meriah menghilangkan karat pada kendaraan


Hmm…
Siapa yang tidak jengkel jika kendaraan tersayang terkena karat?!. Menurut wikipedia, karat atau korosi adalah kerusakan atau degradasi logam akibat reaksi redoks antara suatu logam dengan berbagai zat di lingkungannya yang menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak dikehendaki.


Pada peristiwa korosi, logam mengalami oksidasi, sedangkan oksigen (udara) mengalami reduksi. Karat logam umumnya adalah berupa oksida atau karbonat. Rumus kimia karat besi adalah Fe2O3.nH2O, suatu zat padat yang berwarna coklat-merah.
Korosi merupakan proses elektrokimia. Pada korosi besi, bagian tertentu dari besi itu berlaku sebagai anode, di mana besi mengalami oksidasi.

Fe(s) Fe2+(aq) + 2e

Elektron yang dibebaskan di anode mengalir ke bagian lain dari besi itu yang bertindak sebagai katode, di mana oksigen tereduksi.

O2(g) + 4H+(aq) + 4e 2H2O(l)

atau

O2(g) + 2H2O(l) + 4e 4OH-(aq)

Ion besi(II) yang terbentuk pada anode selanjutnya teroksidasi membentuk ion besi(III) yang kemudian membentuk senyawa oksida terhidrasi, yaitu karat besi. Mengenai bagian mana dari besi itu yang bertindak sebagai anode dan bagian mana yang bertindak sebagai katode, bergantung pada berbagai faktor, misalnya zat pengotor, atau perbedaan rapatan logam itu.
Lantas apa yang harus dilakukan ketika kendaraan kita sudah terlanjur berkarat? Gampang, caranya dengan menggunakan karbonasi, alias minuman soda. Dengan siraman zat tersebut, korosi yang menempel akan bereaksi dan kemudian merontokkan sedikit demi sedikit karat yang ada.
Belum percaya?! Mau bukti?! Cekidot video pembuktian berikut ini. Selamat menikmati.

Baca juga:

contact me:
email : ahmad.maulidi@gmail.com
twitter : @kang_ulid
fb : https://www.facebook.com/ahmad.maulidi.xcders.dbmc

7 Responses to Cara murah meriah menghilangkan karat pada kendaraan

  1. Irawan berkata:

    wah… ngeri!!! 😯
    untung udah gak pernah minum air bersoda

    Suka

  2. Irawan berkata:

    Reblogged this on Black Cat's blog.

    Suka

  3. danisubject berkata:

    tau jajal buat cover knalpot nmp . ga ilang ….

    Suka

  4. didik jogja berkata:

    Bisa dicoba di kendaraan tua saya ini. Mungkin bisa dikuas ya kalau bagian bawah mobil? terima kasih infonya.

    Suka

Silahkan Komen