Nekad Terobos Banjir: Awas Water Hammer!!!


Hmm…

Ternyata banjir terhadap daleman mesin ya. Akhir-akhir ini banjir melanda berbagai daerah di Indonesia. trend yang berkembang di jagad maya adalah masing-masing pemilik motor mem-posting gambar kehandalan motornya dalam melibas banjir. Layaknya adu ketangguhan menerjang banjir.

Padahal, banjir sangat berbahaya bagi mesin. Walopun kita berhasil menerjang banjir, tapi bisa jadi air masuk ke dalam ruang bakar atau istilahnya water hammer. Kalau cuma busi basah kena air, motor bisa nyala lagi kalau dikeringkan. Tapi ketika air masuk ke ruang bakar, atau istilahnya water hammer. Komponen mesin bisa rusak parah. Piston dan ring-nya, setang piston serta klep rawan hancur.

Seperti yang dilansir oleh Otomotifnet berikut ini:

“Ketika air masuk ke dalam ruang bakar bisa menjadi sangat berbahaya. Karena air tidak bisa terkompresi seperti bahan bakar,” buka Sarwono Edhi, Training Development Analyst PT Astra Honda Motor (AHM).

“Air yang tidak bisa terkompresi akan tetap keras seperti besi ketika ditekan. Makanya disebut water hammer karena efeknya seperti besi ketemu besi. Komponen seperti piston, connection rod (setang piston) dan klep bisa hancur,” sambungnya.

Contohnya seperti ini nih:

efek water hammer

efek water hammer

Waspadalah…. waspadalah ….!

Artikel Terkait:

3 Responses to Nekad Terobos Banjir: Awas Water Hammer!!!

  1. mudagrafika berkata:

    Ngeriiih kang…

    Suka

  2. potretbikers berkata:

    Pakai aja P200NS, aman terkendali masuk genangan…xixixixixi

    Suka

Silahkan Komen