Belajar dari Lakalantas Teman Kantor


Hmm…
Tadi pagi dikagetkan dengan info lakalantas yang dialami 2 orang teman kantor. Lakalantas terjadi ketika mereka akan mengikuti workshop kurikulum 2013 di hotel san sui, Situbondo.
TKP tepat berada di depan hotel tersebut.
image

image

Kronologis kejadian:
Teman menggunakan honda Vario berboncengan dari arah timur. Sesampai di depan hotel, sein kanan, siap-siap menyebrang, ternyata dari arah belakang muncul bus yang kemudian mendahului teman. Begitu bus mendahului, teman langsung menyeberang, ternyata dari arah berlawanan, ada motor yang melaju cukup kencang. Tabrakan tak terelakkan. Teman yang membonceng hanya luka di kaki. Sementara, teman yang nyetir dan penabrak, sama-sama terkapar, tak sadarkan diri. Segera dilarikan ke RSUD Situbondo.
image

Kondisi TKP, jalan mulus dengan belokan panjang, jadi jika pengguna jalan tidak menyadari ini, sangat berbahaya. Oleh karena itu, diberilah garis putih panjang. Marka ini, berarti dilarang mendahului.
Kondisi korban (teman kantor), luka di pelipis kanan. Pipi kanan bengkak. Helm hancur.
image

Dari kronologis tersebut, ada beberapa pelajaran yang bisa kita petik, antara lain:
1. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas.
2. Selalu waspada. Sangat berbahaya ketika kita lengah. Dan menganggap bahwa kita sangat paham suatu daerah. Ingat, jalan raya adalah pembunuh no 1 di Indonesia.
3. Ketika akan menyeberang atau mendahului, perhatikan arus lalin dari arah berlawanan. Pastikan, kondisi lalin aman untuk menyeberang/mendahului.
4. Melihat luka di kepala dan wajah, bisa dipastikan, kepala dan wajah menerima benturan sangat keras. Penggunaan helm open face belum mampu meredam efek benturan. Sebaiknya gunakan helm fullface untuk meminimalisir efek benturan, jika terlibat lakalantas.
Semoga, korban diberi kesehatan yang terbaik dan keluarga korban juga diberi ketabahan. Amin.

Keep safety n waspadalah.


7 Responses to Belajar dari Lakalantas Teman Kantor

  1. fncounter berkata:

    Pertamax…. ngeri juga…

    Suka

  2. Mas Sayur berkata:

    ikut prihatin,Pak…
    semoga korban segera sehat lagi…

    mmg tikungan panjang menciptakan blind spot yg samar tapi nyata…terlihat aman tapi bahaya…

    http://bakulkangkungjpr1.com/2013/11/28/kejutan-dari-ahm-sudah-masuk-masa-trail-apaan-ya/

    Suka

  3. boerhunt berkata:

    kronologis yg klasik..

    Suka

Silahkan Komen