Batu Sungai Dareh: batu Indonesia berkelas dunia


Hmm…
Duni batu mulia kembali menggeliat. Nusantara memiliki beragam batu mulia yang tersohor popularitasnya di dunia. Selain batu bacan dari Pulau Bacan di Maluku Utara, satu lagi yang kian menggema namanya adalah batu sungai dareh dari Dharmasraya. Batu sungai dareh dikenal juga sebagai batu lumut atau giok sumatera yang deposit terbanyaknya berasal dari Kecamatan Pulau Punjung, Dharmasraya, Sumatera Barat.

image

Batu ini disebut sebagai giok-nya propinsi ini  dengan motif totol lumut di dalam batunya. Dipasaran dunia, batu giok memang termasuk primadona sejak 5000 tahun silam. Oleh karena itu, wajar jika warna hijau lumuik sungai Dareh ini dianggap sejajar dengan warna mayoritas giok hijau.
Batu jenis ini termasuk susah didapat di alam aslinya. Paling engga butuh perjuangan masuk kepedalaman hutan lalu mencari bahan baku asli dari alam. Pun jika sudah didapat, kabarnya tidak mudah diolah dengan baik karena dia banyak patahan. Artinya dalam 10 kilo batu bahan Sungai dareh belum tentu akan dapat dua buah batu mulus olahan pengrajin sampai segede jempol dengan sempurna. Karena susah diolah itulah makanya harganya juga ikutan naik tak terkira, jadi banderol harga juga bukan cuma karena permainan suplai demand diantara pedagang utamanya.
Keistimewaan batu sungai dareh adalah volume kekerasan batu ini mencapai 7 scala Moch sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi kolektor batu permata. Aura batu sungai dareh diyakini memancarkan nilai positif bagi yang memakainya. Oleh karena itu, harga jual batu sungai dareh terbilang cukup tinggi setelah dibentuk menjadi cincin atau kalung, khususnya bagi mereka pengkoleksi batu mulia.
Batu sungai dareh sebenarnya telah beredar di pasaran sejak 50 tahun lalu namun dalam waktu 10 tahun terakhir popularitasnya terus naik sehingga harganya pun ikut melambung. Batu ini diketahui telah tersebar hingga ke pulau Jawa, Pulau Kalimatan dan juga ke Medan dan Pekanbaru. Harga jual batu sungai dareh untuk ukuran 2 hingga 40 gram berkisar dari Rp100 ribu sampai jutaan rupiah. Warna batu sungai dareh setidaknya ada 68 warna. Jenis yang sangat populer adalah kumbang jati dan pucuk pisang. Batu ini memiliki empat kesamaan warna, yaitu dengan kopas, jamrud, giok dan yakub.
Nah, bagaimanakah cara mendeteksi batu ini asli atau sintetis? Secara umum ada beberapa ciri-ciri batu asli, antara lain:
1. Batu asli selalu lebih berat dengan corak yang khasBatu asli jika di goreskan pada kaca maka yang tergores adalah kacanya sedang batu palsu, sintetis atau palsu tidak akan bisa menggores kaca. kecuali dalam hal ini batu asli yang diolah atau di lebur dengan tehnik tertentu masih bisa menggores kaca.  
2. Batu permata asli dapt di testing dengan menempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa permata anda itu asli.
3. Batu permata Asli diketahui dengan melihat serat-serat di dalamnya, karena dengan mengetahui serat-serat inilah yang merupakan ciri khusus batu.  
4. Batu asli itu ciri ciri utamanya adalah adanya serat serat didalam batu berbentuk pecah dan retak tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu permata alam yang bersih tanpa serat kecuali yang palsu.
5. Batu alam dan asli biasanya selalu memiliki cahaya khusus dan kilau yang khusus pula, seperti banyaknya cahaya dan warna, tetapi para pemalsu saat ini sudah ada yang bisa meniru model seperti ini. 
Mau?!

Sumber:
1. http://hsgautama.blogspot.com/2014/01/batu-lumuik-sungai-dareh-atau-idocrase.html
2. http://carakata.org/batu-sungai-dareh-khasiat-harga-batu-cicin-akik-sungai-dare-super/
3. http://www.indonesia.travel/id/destination/466/danau-singkarak/article/319/batu-sungai-dareh-giok-sumatera-dari-dharmasraya
4. http://www.makrifatbusiness.net/2013/07/kupas-tuntas-membedakan-batu-permata.html

Baca juga:

contact me:
email : ahmad.maulidi@gmail.com
twitter : @kang_ulid
fb : https://www.facebook.com/ahmad.maulidi.xcders.dbmc

Iklan

2 Responses to Batu Sungai Dareh: batu Indonesia berkelas dunia

  1. citramanica berkata:

    Warna ijonya cantik banget….

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: