Dikotomi Blogger Senior vs Junior Kembali Mencuat, Bully mem-Bully pun Tak Terelakkan


Hmm…
Menarik mencermati perkembangan dunia per-blog-an Indonesia. Terutama blog otomotif. Penuh dinamika. Bahkan penuh intrik.
Akhir-akhir ini kembali mencuat dikotomi antara blogger senior vs junior. Selain itu muncul pula istilah blogger njemur, blogger nyampah, dan lain sebagainya. Mengingat ini, pandangan saya kembali ke beberapa tahun silam, ketika istilah blogger ternak mulai muncul. Pada waktu itu sangat heboh. Lantas muncul pula istilah blog ecek-ecek, blog kw, blog papan atas, dll. Bully mem-bully pun tak dapat dielakkan.

Nah, saat ini kejadian itu kembali terulang. Beberapa blogger men-judge blogger lainnya sebagai blogger junior. Padahal kalo boleh jujur, indikator senior dan junior belum ada loh. Lah kok berani-beraninya mengatakan blogger lain sebagai junior.
Apa indikator blog (blogger) dikatakan senior atau junior? Apakah dari waktu awal mula nge-blog? Apakah dari jumlah pengunjung? Apakah dari intensitas menulis? Apakah dari kualitas tulisan? Apakah dari kedekatan blogger dengan sumber info (pabrikan)? Ataukah dilihat dari segi usia? Saya kira sampai detik ini belum ada indikatornya.
Show muat go on…
Tiap blogger punya tujuan masing-masing untuk buat blog. Seperti saya misalnya, blog adalah sarana untuk terus belajar menulis. Lain-lain adalah bonusnya, seperti hits, w-ads, pertemanan. Ada pula blogger yang bikin blog benar-benar untuk mencari uang. Ada pula yang sekadar mencurahkan pikiran n ga mikirin lainnya. Macam-macam pokoknya.
Intinya adalah dinamika itu perlu, namun kalo menjurus ke permusuhan atu menjurus ke mematikan kreatifitas salah satu pihak, itu perlu diperbaiki. Bahkan kalo perlu dihindari.
Teruslah menulis kawan…

Baca Juga:

Iklan

30 Responses to Dikotomi Blogger Senior vs Junior Kembali Mencuat, Bully mem-Bully pun Tak Terelakkan

  1. Bro Ndes 94 berkata:

    Pengen nyaduki seng nggawe geger :v

    Suka

  2. Maskur berkata:

    wah baru tahu ada istilah blogger junior, kalo senior emang ada.
    ..

    kaya kafemotor, triatmono. alonrider, edorusyanto, sattar, tmc…

    kalo yunior belum pernah denger

    Suka

  3. prasetyo676 berkata:

    Gitu ya. Wah padahal sama2 ngeblog, kalau bersaudara kan lebih baik.

    Suka

  4. aripitstop berkata:

    halah apa lagi ini… obrolan kmarin ini diWA… sy nyimaks saja

    Suka

  5. Rideralam berkata:

    pokok e wordads hahhaha,…

    Suka

  6. Mahotama Seputra berkata:

    harusnya yang merasa senior tuh malah bantu yang junior bukan saling ngebully.. btw saya saya suka sama cara pandang anda. dewasa. šŸ™‚ semoga semakin banyak orang berpandangan spt itu. btw ditunggu kunjungan ke blog saya. šŸ™‚

    Suka

  7. brigade jalan raya berkata:

    bukan junior tapi era. blogger era baru. cmiwww

    Suka

  8. kentadis berkata:

    wartawan punya kode etik. blogger? jawab aja sndiri,haha

    Suka

  9. enoanderson berkata:

    Wah wah, Gak ikutan ahh. . . Yang normal2 aja & saling menghargai šŸ˜€

    Suka

  10. Papa Afnhy berkata:

    Nulis sesuai hati aja lah, gak ada beban

    Suka

  11. ipanase berkata:

    nyimak suhu

    Suka

  12. gaplek mania berkata:

    opo meneh iki?

    Suka

  13. RPMspeed berkata:

    wah saya tujuan utamanya berbagi info šŸ˜€

    ******************************
    Suzuki Gixxer Meluncur Bulan Agustus
    http://rpmsuper.wordpress.com/2014/05/15/suzuki-gixxer-150-meluncur-bulan-agustus/

    Suka

  14. Bonsai Biker berkata:

    Senior, seneng Istri Orang, ngoahaah

    Suka

  15. Taufik berkata:

    Menyimak suhu suhu disini dulu ahh

    Suka

  16. kudo78dk berkata:

    blogger itu sedulur semua… yang akur ya….. sohiban itu jauh labih asyik dibanding congkrah
    http://78deka.wordpress.com/2014/05/15/ki-bagong-ngeden-ngeden-bongkar-jam-1-malam-geret-mbah-bons-dari-kasur/

    Suka

  17. aldo26 berkata:

    wah wah…tetep nulis aja dah…:)

    Suka

  18. Aa Ikhwan berkata:

    kl sy asli blog Tangerang :mrgreen:

    Suka

  19. roda2makassar berkata:

    memberi info pun harus sabar,,, šŸ˜€

    Suka

  20. ridertasik berkata:

    saya newbie abadi šŸ˜Ž

    Suka

  21. Plat-R berkata:

    dan korban dari masalah ini aku ( merasa)
    ngeblog bagiku : hanya mencurahkan uneg2 , sharing pengalaman kadang diselingi dagelan.
    belum dotcom apalagi iklan aka wordads,
    semoga masalah ini cepat selesai, dan bs rukun seperti sedia kala

    Suka

  22. Mase berkata:

    hmmmmm…. piye ya….

    Suka

Silahkan Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: